Pages

Friday, August 30, 2013

instalasi server DNS, FTP dan Web pada Debian



Laporan Aktivitas Belajar
Nama Lengkap
:
Siti Nurhasanah
No. Registrasi
:
1107851326
Alamat email
:
Opsi
:
Sistem Jaringan dan Website
Tahap Perkuliahan ke-
:
21
USBJJ
:
STT YBS Internasional Tasikmalaya

Aktivitas Belajar Mandiri
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.
Pada tahap perkuliahan ke-21 dimulai pada tanggal 19 Agustus  – 31 Agustus  2013,  
Pada tahap ini saya belajar tentang :
1.      Cara  menjelaskan instalasi server DNS
2.      Cara menjelaskan instalasi server FTP
3.      Cara menjelaskan instalasi Web server
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini.
Sama seperti tugas yg sebelumnya, Pada tugas tahap ke 21 ini , untuk materinya saya dapatkan dari dosen pembimbing, dan internet tentunya,

Kolom di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.
Kendala pada tahap ke 21 ini adalah, kurangnya pemahaman tentang server.
Sehingga butuh proses yang cukup lama.


Rangkuman Materi Perkuliahan
Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahan ini.
DNS
(Domain Name System; DNS) adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host ataupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet. DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan mendata setiap server transmisi surat (mail exchange server) yang menerima surel (email) untuk setiap domain. Menurut browser Google Chrome, DNS adalah layanan jaringan yang menerjemahkan nama situs web menjadi alamat internet.
FTP
FTP atau File Tranfer Protocol adalah protokol penyalinan file antar jaringan internet/TCPIP. Ada 2 mode dalam protokol ini yaitu active dan passive. Berikut akan dijelaskan kedua mode tersebut.
  1. Mode Active
    Dalam mode active ini client memulai koneksi ke server dan memberitahu IP address dan port dimana client akan mendengarkan. Server kemudian akan menghubungi client dengan IP dan port tersebut. Mode ini bisa dilakukan jika client tidak berada di belakang firewall
  2. Mode Passive
    Mode ini dilakukan jika client berada di belakang firewall. Dalam mode ini client menghubungi server, kemudian server memberikan port lain kepada client. Client kemudian akan menuju ke port itu itu melakukan aktivitas selanjutnya
Dalam pelaksanaannya, untuk lingkungan server Linux kita tinggal memilih FTP server yang disediakan, begitu juga FTP clientnya.
Web server
Server web atau peladen web dapat merujuk baik pada perangkat keras ataupun perangkat lunak yang menyediakan layanan akses kepada pengguna melalui protokol komunikasi HTTP atau HTTPS atas berkas-berkas yang terdapat pada suatu situs web dalam layanan ke pengguna dengan menggunakan aplikasi tertentu seperti peramban web. Penggunaan paling umum server web adalah untuk menempatkan situs web, namun pada prakteknya penggunaannya diperluas sebagai tempat peyimpanan data ataupun untuk menjalankan sejumlah aplikasi kelas bisnis.
Fungsi utama sebuah server web adalah untuk mentransfer berkas atas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan. Disebabkan sebuah halaman web dapat terdiri atas berkas teks, gambar, video, dan lainnya pemanfaatan server web berfungsi pula untuk mentransfer seluruh aspek pemberkasan dalam sebuah halaman web yang terkait; termasuk di dalamnya teks, gambar, video, atau lainnya.




Video Dokumentasi
Pada kolom ini berisi cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi yang telah saya buat pada Tahap Perkuliahan ini.












            Screenshots  video cara installasi DNS, FTP, WEB Server

Kolom di bawah ini merupakan uraian yang menceritakan isi Video Dokumentasi yang telah saya buat.
Dalam video ini berisi
1.      Cara  menjelaskan instalasi server DNS
2.      Cara menjelaskan instalasi server FTP
3.      Cara menjelaskan instalasi Web server
Kolom di bawah ini berisi link yang menampilan Video Dokumentasi yang telah saya upload di Youtube.
link youtube video




No comments:

Post a Comment