Pages

Friday, August 30, 2013

laporan tugas tahap ke-21



Laporan Aktivitas Belajar
Nama Lengkap
:
Siti Maryam
No. Registrasi
:
1107851325
Alamat email
:
Opsi
:
Jaringan dan website
Tahap Perkuliahan ke-
:
21
USBJJ
:
STT YBS Internasional Tasikmalaya

Aktivitas Belajar Mandiri
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.
·   aaktivitas belajar mandiri saya pada minggu ini seperti biasanya saya membuka elearning terlebih dahulu untuk melihat tugas dengan  sesuai jadwal minggu ini dan mencoba mempelajari dan mengerjakan tugas tersebut.
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini.
Untuk aktivitas saya di USBJJ minggu ini saya belajar menjelaskan tentang cara  instalasi server DNS, FTP dan Web pada Debian.
Kolom di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.
Adapun kendala yang saya hadapi pada minggu ini hanya internetnya agak lambat.


Rangkuman Materi Perkuliahan
Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahan ini.
Untuk rangkuman materi perkuliahan yang telah saya palajari pada minggu adalah tentang cara instalasi debian,nah ini dia rangkumannya sbb:
Cara install debian
1.langkah pertamanya Booting dari CD atau DVD

2. Pilih Install lalu tekan enter
3. Pilih bahasa yang kita inginkan lalu tekan enter
4. Pilih dimana agan sekarang tinggal lalu tekan enter
5. Pilih American English tekan enter
6. Karena konfigurasi jaringan secara otomatis gagal maka saya menggunakan dengan cara manual
7. Pilih Continue
8. Pilih Configure network manually
9. Tekan enter, supaya pada waktu mengecek konfigurasi ip address tidak kosong
10. Isikan IP Address sesuai dengan yang kita inginkan, bisa kelas a, kelas b, kelas c. Saya memakai kelas c, misal: 192.168.4.1
11. Isi Subnetmask dengan mengetikkan 255.255.255.0
12. Isi Gateway dengan mengetikkan 192.168.4.1
13. Name server address sama dengan Gateway jadi kita tinggal ketikkan 192.168.4.1
14. Hostname bisa kita isi dengan keinginan kita sendiri, bisa nama kita atau yang lain. Saya memakai Hostname BKJ
15. Domain Name bisa kita isi dengan domain yang kita miliki, saya memakai Domain Name bkj-tutorial.blogspot.com
16. Isi Root Password sesuai keinginan kita

17. Isi Re-enter password to verify dengan password yang sudah kita isi sebelumnya
18. Isi Full name for the new user dengan yang kita inginkan, sama dengan Hostname juga tidak apa-apa. Saya memakai nama Belajar Komputer dan Jaringan
19. Isi Username for your account dengan yang kita inginkan asalkan jangan sama dengan Full name for the new user karena akan terjadi error
20. Isi Choose a password for the new user dengan yang kita inginkan, boleh sama boleh tidak dengan password yang sudah kita  isi waktu mengisi password user yang sebelumnya
21. Isi Re-enter password to verify dengan password yang sudah kita isi sebelumnya
22. Pilih Eastern lalu tekan lagi enter
23. Jika dalam komputer kita ada 2 buah harddisk kita bisa memilih yang atas maupun yang bawah karena komputer saya cuma memiliki 1 harddisk jadi tidak ada pilihan lalu tekan enter
24. Pilih All files in one partition (recomended for new user) tekan enter
25. Pilih Finish partitioning and write changes to disk, tekan enter
26. Pilih Yes  Tekan enter
27. Tunggu proses kira-kira kurang lebih 5 menit
28. Pilih No  Tekan enter lagi
29. Pilih No  Tekan enter
40. Pilih No  Tekan enter
41. Centang semua kecuali yang paling atas  Tekan enter

42. Tunggu proses kira-kira kurang lebih 10 menit
43. Pilih Yes tekan enter





44. Pilih yang atas atau biarkan saja dalam waktu 5 detik kita akan langsung masuk lalu tekan enter

45. Isikan Login dengan user yang sudah kita isikan waktu menginstall debian 6 text
47. Isikan Password user dengan password yang sudah kita isikan waktu menginstall debian 6 text tadi
47. Lalu yang terakhir Jika berhasil masuk maka muncul tulisan Last login: Wed Apr 4 17:55:08 EDT 2012 i686, dst..
Oke sobat mungkin rangkuman untuk minggu ini sampai disini saja dan semoga bermanfaat.




Video Dokumentasi
Pada kolom ini berisi cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi yang telah saya buat pada Tahap Perkuliahan ini.
Adapun Screenshoots video tugas tahap ke-21 adalah sbb:







Kolom di bawah ini merupakan uraian yang menceritakan isi Video Dokumentasi yang telah saya buat.
Uraian yang menceritakan isi video dokumentasi pada tugas minggu ini adalah tentang cara instalasi server DNS, FTP dan Web pada Debian.
Kolom di bawah ini berisi link yang menampilan Video Dokumentasi yang telah saya upload di Youtube.
Adapun link youtube yang telah saya buat pada minggu ini adalah sbb:

No comments:

Post a Comment