Pages

Thursday, July 11, 2013

Simulasi Jaringan Melalui GNS3 dan Koneksi Internet pada VirtualBox



Laporan Aktivitas Belajar
Nama Lengkap
:
Gita Raiza Tasela
No. Registrasi
:
1107851316
Alamat email
:
Opsi
:
Sistem Jaringan dan Website
Tahap Perkuliahan ke-
:
17
USBJJ
:
STT YBS Internasional Tasikmalaya

Aktivitas Belajar Mandiri
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.
Seperti biasa untuk kegiatan setiap minggunya yaitu melihat tugas yang ada di elearning, kemudian mempelajari tugasnya dan untuk bahan referensinya saya browsing melalaui internet atau berdiskusi bersama teman.
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini.
Untuk kegiatan kali ini saya mempelajari tentang :
v  Simulasi Jaringan melalui GNS3 dan
v  Koneksi internet pada VirtualBox
Kolom di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.
Kendala untuk tahap ini yaitu :
v  Koneksi internet yang lambat
v  Waktu pembelajaran yang kurang


Rangkuman Materi Perkuliahan
Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahan ini.
SIMULASI NETWORK GNS3-PENGENALAN DAN INSTALASI
Pengenalan GNS3
GNS3 adalah simulator jaringan berbasis grafis untuk pembuatan simulasi jaringan yang kompleks. Program ini dapat berjalan pada sistem operasi Windows dan Linux. Simulasi GNS3 sama halnya seperti simulasi menggunakan Cisco Systems Internetwork Operating. Hal ini memungkinkan untuk menjalankan IOS Cisco menggunakan program inti bernama Dynamips dengan antarmuka yang lebih user friendly.
GNS3 juga mendukung program emulasi lainnya, yaitu Qemu, Pemu dan VirtualBox. Software ini digunakan untuk mengemulasikan Cisco ASA dan firewall PIX, Cisco IPS, router Juniper.
GNS3 memungkinkan emulasi IOS Cisco pada Windows, Linux dan Mac OS X berbasis komputer. GNS3 adalah alat yang bagus untuk menunjang persiapan sertifikasi Cisco, seperti CCNA, CCNP dan CCIE.



Gambar 1.1 Tampilan Dynamips

Selain itu, GNS3 merupakan aplikasi bebas (open source) yang dimaksudkan untuk menjadi alat pembelajaran serta pengujian dalam lingkungan laboratorium. Namun, karena adanya pembatasan perizinan, pengguna diminta menyediakan IOS Cisco untuk digunakan pada GNS3.

Instalasi GNS3 Pada Sistem Operasi Windows
  • Langkah 1 – Download Aplikasi GNS3
Sebelum melakukan instalasi pengguna dapat mengunduh GNS3 dengan men-download versi all-in-one dengan ukuran file 16 MB.
  • Langkah 2 – Pemasangan GNS3


Gambar 2.1 Tampilan Proses Instalasi GNS3

Silakan buka file aplikasi GNS3 yang telah selesai di-download untuk memulai proses instalasi.
Setup Wizard GNS3 akan dimulai kemudian silakan klik Next untuk menuju halaman berikutnya.
Secara umum beberapa aplikasi yaitu WinPcap, Dynamips dan Qemu akan dimasukkan ke dalam proses instalasi GNS3.
Instalasi GNS3 telah selesai, silakan klik tombol Start, All Programs, GNS3, dan kemudian pilih GNS.
  • Langkah 3 – Mendefinisikan Cisco IOS File
Gambar 2.1 Halamn Utama Aplikasi GNS3

Seperti disebutkan sebelumnya, pengguna harus menyediakan IOS Cisco sendiri. Platform yang didukung adalah Cisco 7200, 3600 series (3620, 3640 dan 3660), seri 3700 (3725, 3745) dan 2600 series (2610 sampai 2650XM, 2691).
Pada menu Edit, pilih IOS images dan hypervisors. Kemudian di bawah tab IOS images, klik dan kemudian pilih Cisco IOS file dan klik Open. File akan muncul sebagai file gambar. Selanjutnya, klik panah drop-down di samping Platform dan pilih platform yang sesuai dengan IOS file.
Sekarang klik panah drop-down di samping Model dan pilih model yang sesuai dengan IOS. Klik tombol Save dan kemudian tombol Close.


Konfigurasi Sederhana GNS3
Jendela GNS3 dibagi menjadi empat panel secara default. Panel paling kiri daftar jenis node yang tersedia seperti simbol router untuk berbagai platform: PIX dan ASA firewall, Ethernet switch, ATM bridge, switch ATM, switch Frame Relay, Cloud, Qemu dan VirtualBox. Sedangkan panel kanan akan memberikan ringkasan topologi.
Panel atas adalah area kerja dimana topologi dapat dibangun secara grafis. Panel bawah, yang disebut Console, menunjukkan Dynagen di tempat kerja. Dynagen adalah berbasis teks front-end untuk Dynamips yaitu emulator inti yang digunakan. Penggunaan Dynagen sama seperti DOS.
Konfigurasi Router




Klik simbol router sesuai dengan platform IOS yang digunakan kemudian drag dan drop pada area kerja. Dalam kasus ini pengguna menggunakan platform 3640. Klik kanan router dan pilih Configure.
Klik pada R1 dan kemudian tab Slot. Klik panah drop-down di samping slot0 dan memilih adaptor yang mencakup FE dalam deskripsi untuk menambahkan FastEthernet adapter ke router. Selanjutnya, klik panah drop-down di samping slot1 dan memilih PA-4T +, PA-4T, NM-4T. Hal ini akan menambah empat antarmuka serial untuk router. Klik OK.
Klik kanan router dan pilih Start. Klik kanan router lagi dan pilih Console selanjutnya tekan Enter. Tunggu beberapa saat kemudian virtual router akan berjalan. 
 




Video Dokumentasi
Pada kolom ini berisi cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi yang telah saya buat pada Tahap Perkuliahan ini.











Kolom di bawah ini merupakan uraian yang menceritakan isi Video Dokumentasi yang telah saya buat.

Video yang  saya buat kali ini yaitu tentang   :
v  Simulasi Jaringan melalui GNS3 dan
v  Koneksi internet pada VirtualBox
Kolom di bawah ini berisi link yang menampilan Video Dokumentasi yang telah saya upload di Youtube.

Link video :

No comments:

Post a Comment