Pages

Monday, December 9, 2013

Eful Saeful tahap Perkuliahan ke-26

Laporan Aktivitas Belajar
Nama Lengkap
:
Eful Saeful
No. Registrasi
:
1107851311
Alamat email
:
Opsi
:
Sistem Jaringan Dan Website
Tahap Perkuliahan ke-
:
26
USBJJ
:
STT YBS Internasional Tasikmalaya
Aktivitas Belajar Mandiri
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.
Kegiatan saya pada hari-hari biasanya jika di luar kampus USBJJ, selalu sering pergi ke kampus untuk mengerjakan tugas. Dimana pada minggu ini sudah sampai pada tugas ke-26, yang menjelaskan cara membuat website dengan CMS pada wordpress.
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini.
Kegiatan saya d kampu USBJJ, sama seperti biasanya di lakukan 2 hari dalam satu minggu. Itu yang seharusnya, tapi sekarang hanya satu hari dalam satu minggu yaitu kadang hari kamis atau hari jum’at. Yang sekarang di lakukan proses pembelajarannya di lakukan di kampus STT YBSI Tasikmalaya. Yaitu mempelajari pemograman java cara membuat website pada CMS wordpress xampp.
Kolom di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.
·          


Rangkuman Materi Perkuliahan
Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahan ini.
   Kali ini ane mengajak teman teman blogger semua untuk belajar membuat web dengan CMS wordpress, jika sebelumnya ane lebih suka menggunakan joomla sebagai cms yang ane pakai untuk membuat sebuah website, beberapa bulan yang lalu teman ane mengenalkan wordpress sebagai cms yang sering dia pakai untuk membuat website, ane kira sih wordpress yang dia pakai itu wordpress yang biasanya dipakai untuk membuat blog... dan ternyata bukan, ini berbeda.. ternyata dari pihak wordpress mempunyai 2 versi :




1. Wordpress Free ( yang biasanya dibuat untuk Blog dengan alamat www.wordpress.com)


2. Wordpress yang versi CMS : jadi Wordpress yang versi biasanya banyak juga digunakan oleh developer web untuk membangun web secara instan.. dengan dukungan plugin serta template yang sangatlah powerfull, banyak sekali web didunia yang memakai wordpress, dan kabar baiknya wordpress mempunyai SEO yang lebih baik daripada CMS yang lainnya

lalu apa perbedaannya, didalam wordpress yang versi CMS terdapat dukungan Plugin dimana memudahkan proses custom dari web dengan platform wordpress ini..

Nah hal itu yang membuat ane penasaran dengan web ini, yang memang setelah dipelajari tidak begitu sulit dan tidak begitu rumit, serta dukungan plugin yang sangatlah lengkap baik itu plugin yang sifatnya free ataupun berbayar, dan di artikel kali ini saya akan membagikan beberapa tutorial cara membuat website dengan menggunakan Wordpress, disini saya membuat website dengan mode offline ya, dan nantinya ada tutorial juga yang membahas mengenai bagaimana caranya melakukan upload data web offline menjadi online...

Beberapa hal yang harus anda lakukan sebelum membuat web dengan wordpress adalah :
1. Download dulu web server, Database server, anda bisa menggunakan :
Xampp dengan Versi 1.77 keatas ataupun menggunakan Appserv 2.5

2.lalu silahkan install di komputer anda, disini saya cantumkan tutorial untuk melakukan installxampp atau appserv...

3.Download juga CMS Wordpress Di situs resmi dari Wordpress Nb : jangan menginstall keduanya, silahkan install salah satu saja xampp atau appserv cara penggunaannya sama, yang berbeda hanya letak web direktorinya saja nantinya akan ada penjelasannya di tutorial yang saya sertakan...
Beberapa Tutorial yang telah saya buat....


ini beberapa Tutorial yang sudah ane buat, silahkan agan sedot bila agan berkenan, semoga bermanfaat ye gan :D :





1.ini langkah pertama ini ane membahas mengenai bagaimana cara : - menginstall wordpress secara offline - membuat page -membuat post berdasaran kategori - membuat menu - pengaturan seo friendly Tutorialnya silahkan disedot ye bang :D



2.Di tutorial kedua ini ane mbahas mengenai bagaimana cara untuk mengganti template wordpress, serta bagaimana memaksimalkan add on dari mozilla firefox.. yaitu firebug, untuk memanipulasi template yang sudah anda install di wordpress anda... dalam tutorial ini saya menggunakan Mozilla versi 17.saat ini mozilla sudah mencapai versi 18 jika terjadi error pada saat menginstall firebug secara offline menggunakan file installer firebug yang saya sertakan.. silahkan anda install secara online saja lewat menu add-on pada mozilla


3.Di tutorial ketiga ini ane bahas mengenai bagaimana cara membuat template sendiri dengan menggunakan software template maker yang bernama artister.. jadi ini adalah pengembangan dari tutorial kedua yang membahas mengenai template, untuk software artister silahkan di sini, dan untuk anda yang menggunakan OS win xp, anda harus menginstall net framework 2.0 silahkan klik disini untuk menginstall


Untuk Artisteer bisa anda download di torrentz silahkan klik disini dalam contoh ini saya menggunakan versi 3.0 jika anda masih bingung mengenai bagaimana cara download di torrentz silahkan baca artikel saya sebelumnya "cara dowload file di torrentz"


4.Bab ini akan membahas mengenai plugin, apa itu plugin ... plugin sendiri adalah sebuah software tambahan yang digunakan untuk menambah fitur web cms yang anda buat, dalam contoh kali ini saya akan membahas mengenai plugin untuk membuat guest book (buku tamu) silahkan download tutorialnya :


5.Tutorial saya kali ini adalah membahas mengenai bagaimana cara untuk membuat sebuah galeri photo menggunakan plugin NEXTGEN GALLERI, caranya cukup mudah kok, silahkan saja download tutorialnya disini :



6.lankah ke 6 ini saya membahas bagaimana cara untuk membuat sebuah contact form , apalagi itu contact form ?? haha bingung ya, fasilitas contact form dalam sebuah web digunakan apabila pengunjung web anda ingin berkomunikasi dengan admin, entah itu mau menawarkan jasa, atau membeli sebuah produk yang anda tawarkan di web anda, atau memasang iklan di web anda.
Lalu bagaimana caranya untuk berkomunikasi ? ketika ada user yang mengisi contact di web anda, maka pesannya akan masuk ke email anda yang anda tulis ketika mensetting menu contact form.. karena disini menggunakan fasilitas email untuk media komunikasinya ,anda diharuskan untuk membuat website secara online, menggunakan hosting yang gratis dan domain yang gratis pula disini juga akan ane jelaskan bagaimana mendaftar dan menginstall web secara online.. jadi nantinya anda tidak menggunakan lagi localhost/namafolderweb tapi sudah www.blablabla.com keren bukan :D



7. langkah Ke 7 ini akan membahas bagaimana caranya membuat fasilitas download dan upload pada cms wordpress jadi jika anda pernah menemui website ada fasilitas untuk download baik itu mp3 seperti misshacker kalau yang dulu mungkin sekarang udah kagak ada ye gan :D. nah anda bisa membuat menu seperti itu dengan menggunakan plugin wp file base...

 untuk file yang anda upload anda bisa menggunakan file anda sendiri, karena disini ane tidak menyertakan contoh file yang diupload yang sama persis dengan isi tutorial :D


8. langkah Ke 8 ini saya akan membahas mengenai bagaimana cara untuk membuat sebuah forum dalam sebuah web wordpress..plugin yang saya gunakan adalah BBPRESS .
langsung saja ya ini gan :

Part 1
Part 2
Part 3
Part 4
Plugin
9.ini adalah langkah terakhir untuk bab ini .. yaitu bagaimana cara untuk mengupload online web anda.. jika ditutorial sebelumnya saya telah bahas menggunakan mode offline.. nah di bab ini saya bahas bagaimana upload web offline tadi kedalam hosting (Hosting Free) dan bagaimana setting domain serta setting database..


Video Dokumentasi
Pada kolom ini berisi cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi yang telah saya buat pada Tahap Perkuliahan ini.
Kolom di bawah ini merupakan uraian yang menceritakan isi Video Dokumentasi yang telah saya buat.
 Video yang saya buat kali ini di antaranya:
Tugas yang dikerjakan pada minggu ini ubtuk memenuhi tugas tahap perkuliahan ke-26, menjelaskan cara membuat website dengan CMS pada wordpress.
Kolom di bawah ini berisi link yang menampilan Video Dokumentasi yang telah saya upload di Youtube.

No comments:

Post a Comment