Pages

Monday, December 9, 2013

tugas tahap 17

   Laporan Aktivitas Belajar
Nama Lengkap
:
Hari Suciana
No. Registrasi
:
1107851317
Alamat email
:
Opsi
:
Pengenalan jaringan
Tahap Perkuliahan ke-
:
17
USBJJ
:
STT YBS Internasional Tasikmalaya
Aktivitas Belajar Mandiri
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.
·   uuntuk minggu ini aktivitas saya seperti biasanya membuka elearning terlebih dahulu untuk melihat tugas tahap selanjutnya lalu saya mempelajari tutorial yang ada pada elearning dan mengerjakan tugas sesuai dengan jadwal minggu ini.
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini.
Untuk minggu ini saya belajar sesuai dengan jadwal perkuliahan yaitu belajar tentang jaringan
*       Belajar cara menginstal GNS3
*       Lalu belajar simulasi jaringan dengan GNS3
*       Dan koneksi dengan virtual box
Kolom di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.
Adapun kendala-kendala yang saya hadapi selama tahap perkuliahan ini saya rasa tidak terlalu banyak kendala yang saya hadapi hanya ada sedikit kendala yang saya hadapi pada minggu ini yaitu koneksi jaringn internetnya lambat dan computer kadang eror juga.


Rangkuman Materi Perkuliahan
Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahan ini.
Rangkuman materi perkuliahan yang saya pelajari pada minggu ini tentang simulasi jaringan GNS3, 
termasuk koneksi dengan virtual box nah rangkuman dan langkah-langkahnya seperti di bawah ini :
A.Pengertian
GNS3 adalah network simulator grafis yang memungkinkan simulasi jaringan yangkompleks.Untuk memungkinkan simulasi lengkap, GNS3 sangat terkait dengan:a. Dynamips, program inti yang memungkinkan emulasi Cisco IOS.b. Dynagen, berbasis teks front-end untuk Dynamips.c. Qemu, sumber generik dan membuka mesin emulator dan virtualizer.GNS3 adalah alat pelengkap yang sangat baik untuk laboratorium nyata bagi network engineer,administrator dan orang yang ingin lulus sertifikasi seperti CCNA, CCNP, CCIP, CCIE, JNCIA,JNCIS, JNCIE.Hal ini juga dapat digunakan untuk fitur eksperimen Cisco IOS, JUNOS Juniper atau untuk memeriksa konfigurasi yang perlu digunakan kemudian pada router nyata.

CARA INSTALASI GNS3

  1.  Langkah pertamanya Download terlebih dahulu GNS3 dan klik link resmi ini untuk mendownload GNS3 http://www.gns3.net/download/
  2.  Setelah di download Klik 2 kali software GNS3.
  3. Apa bila muncul tampilan seperti dwah ini maka tekan next untuk melanjutkan.

  1.  Kemudian teruskan dengan I Agree seperti gambar dibawah ini

  1.  Lalu Lanjutkan lagi dengan menekan Next


  1.  Pilih Install untuk meng install wincap dan GNS 3

  1.  Untuk selanjutnya Kemudian pilih next -> I agree -> Finish



  1.  Seperti inilah Tampilah GNS3 yang telah berhasil kita instal

Mungkin seperti itulah rangkuman materi prkuliahan yang telah saya pelajari, mudah-mudahan bermanfaat.


Video Dokumentasi
Pada kolom ini berisi cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi yang telah saya buat pada Tahap Perkuliahan ini.
Adapun Screenshots video tugas tahap ke-17 adalah sbb:


Kolom di bawah ini merupakan uraian yang menceritakan isi Video Dokumentasi yang telah saya buat.
Adapun uraian yang menceritakan video dokumentasi yang telah saya buat pada minggu ini adalah simulasi jaringan dengan GNS3  dan koneksi dengan virtual box.
Kolom di bawah ini berisi link yang menampilan Video Dokumentasi yang telah saya upload di Youtube.
Adapun link youtube yang telah saya buat pada minggu ini adalah sbb:
http://www.youtube.com/watch?v=2qt4900y2O4

No comments:

Post a Comment