Pages

Monday, December 9, 2013

Eful Saeful tahap Perkuliahan ke-27

Laporan Aktivitas Belajar
Nama Lengkap
:
Eful Saeful
No. Registrasi
:
1107851311
Alamat email
:
Opsi
:
Sistem Jaringan Dan Website
Tahap Perkuliahan ke-
:
27
USBJJ
:
STT YBS Internasional Tasikmalaya
Aktivitas Belajar Mandiri
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.
 Kegian saya untuk minggu ini adalah mengerjakan tugas tahap perkuliahan ke-27 yaitu menjelaskan cara meng-install xampp dan membuat “Hello, World” dengan PHP.
Tugas minggu ini di mulai pada tanggal 14 oktober 2013 sampai dengan tanggal 19 oktober 2013. Seiring dengan berjalannya waktu, sambil mengerjakan tugas mingguan saya sambil mengerjakan tugas akhir. Karena waktu kita tinggal beberapa minggu lagi.
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini.
 Kegiatan di kampus USBJJ saya belajar secara berdiskusi dengan dengan teman teman, supaya kita bisamengerjakan tugas mingguan ini. Karena kegiatan di kampus USBJJ dilakukan hanya 2 hari dalam satu minggu yaitu pada hari jum’at dan sabtu. Yang seharusnya kita bmelanjutkan pembelajaran pemograman java.
Kolom di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.
Kurangnya ilmu pengtahuan sehingga untuk menyelesaikan tugas ini, agak terlambat.


Rangkuman Materi Perkuliahan
Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahan ini.
Langkah pertama kita install terlebih dahulu Xampp nya, berikut langkah langkahnya:  
 1. Setelah anda mendownload XAMPP dari link di page sebelumnya, sekarang adalah cara untuk menginstalnya, seperti biasa, double klik icon XAMPP untuk memulai proses instalasi, nanti anda akan diminta menentukan bahasa yang ingin anda pakai, disini saya pakai English.

Selanjutnya bagi anda yang menggunakan windows vista maupun windows 7, yang menonaktifkan fitur UAC atau user account control, pasti akan di tanya seperti berikut ini, anda cukup mengklik OK pada message box tersebut.
selanjutnya, akan mucul tulisan welcome bla bla bla… yang menandakan anda baru mulai menginstal XAMPP ini. klik NEXT.
Setelah anda menekan NEXT, maka selanjutnya anda akan ditanya, dimana anda akan menginstal XAMPP ini, klo saya sih di posisi defaultnya saja,yaitu di C:\xampp
Setelah anda menentukan dimana anda akan menginstal XAMPP tersebut, berikutnya adalah menentukan mana saja yang akan anda instal, LIHAT BAGIAN BAWAH!!! Disana terdapat apache dan My SQL serta File zilla, beri tanda centang pada Apache dan My Sql, Apache berguna sebagai server lokal, jadi anda akan membuat web seolah2 online, dan My Sql digunakan sebagai database, dimana dengan data base pengerjaan web akan lebih mudah serta dapat autosave, sehingga anda tidak perlu khawatir.
Setelah anda memilih instal, selanjutnya yang harus anda lakukan adalah menunggu.. ketika saya menginstal, pada bagian ini saya tidak menunggu lebih dari 1 menit, jadi bersabar ya
Setelah selesai, maka selanjutnya yang anda harus lakukan adalah mengklik finish  seperti gambar di bawah ini.
setelah selesai mengklik finish biasanya ada comand prompt muncul sebentar, tungguin aja, paling beberapa detik juga hilang, gambarnya seperti ini.
Setelah cape nunggu akhirnya keluar message box seperti ini. Klik OK saja.
Setelah itu akan muncul lagi satu message box, disini anda pilih saja YES.
Setelah itu, Akan muncul XAMPP di sebelah kanan bawah, Note: PASTIKAN KEADAAN APACHE DAN MY SQL DALAM KEADAAN RUNNING!!! JIKA APACHE TIDAK AKTIF MAKA BROWSER MENUNJUKAN OFFLINE MODE SAAT INGIN MENGINSTAL WORDPRESS, DAN JIKA MY SQL TIDAK AKTIF, MAKA DATABASE TIDAK AKAN BISA DI BUAT!!!
Setelah kita install Xampp kita lanjutkan ke tugas yang selanjutnya yaitu cara membuat "Helo, World" dengan PHP. Berikut lanhkah langkahnya:
1. buka XAMPP control panel application. kemudian klik start pada modules apache.

2. buka notepad ++

3. lalu masukkan kode berikut.


4. pilih file >> save as, kemudian ganti nama filenya.
comtoh: nama file.php

5. buka web browser anda, lalu masukkan link ini pada adress bar.

Http://localhost/nama folder/nama file.php

ganti tulisan yang berwarna biru dengan nama folder tempat penyimpanan file anda, dan ganti tulisan yang berwarna merah dengan nama file yang anda simpan sebelumnya.

maka akan muncul tampilan seperti berikut.


Video Dokumentasi
Pada kolom ini berisi cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi yang telah saya buat pada Tahap Perkuliahan ini.
Kolom di bawah ini merupakan uraian yang menceritakan isi Video Dokumentasi yang telah saya buat.
 Video tutorial untuk memenuhi tugas tahap perkuliahan ke-27 untuk minggu ini adalah:
Menjelaskan cara meng-install xampp dan membuat  “Hello, World” Dengan PHP.
Kolom di bawah ini berisi link yang menampilan Video Dokumentasi yang telah saya upload di Youtube.

No comments:

Post a Comment