Pages

Thursday, September 26, 2013

Cara menyiapkan Domain dan database


Laporan Aktivitas Belajar
Nama Lengkap
:
Lukman
No. Registrasi
:
1107851321
Alamat email
:
Lukmannulhakim006@gmail.com
Opsi
:
Sistem Jaringan Dan Website
Tahap Perkuliahan ke-
:
24
USBJJ
:
STT YBS Internasional Tasikmalaya

Aktivitas Belajar Mandiri
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.
Untuk kegiatan perkuliahan selama ini tetap mengerjakan tugas2 seperti biasa karena setiap 1mingu sekali selalu ada tugas dan di minggu ini Alhamdulilah udah nyampe tugas yang ke 24  
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini.
  Untuk kegiatan di USBJJ tetep hanya semimnggu 2x hari jumat dan sabtu
Kolom di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.


Rangkuman Materi Perkuliahan
Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahan ini.
  Domain adalah adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP address. Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, Homepage atau alamat website.

Domain dan Url fungsinya adalah sama yaitu untuk mengingat nama sebuah situs. Sebuah situs terdiri dari deretan angka yang rumit atau biasa disebut IP address (Ex: 74.165.70.66). Karena angka ini merupakan sesuatu yang unik dan susah diingat orang, maka deretan angka unik di uah menjadi huruf abjad agar lebih mudah di ingat .

Setiap domain memiliki extensi dibelakangnya. Contoh : Carasetting.Com, Wikipedia.Org,blablabla.Net dll. Berikut penjelasannya :
·Domain .Com, .Net dapat dimiliki oleh setiap individu dengan cara membeli di tempat pembelian domain (ex. GoDaddy) hanya bermodalkan KTP dan sejumlah Uang
·Domain .Go.Id dimiliki oleh instansi pemerintahan resmi. Go adalah singkatan Goverment dan ID adalah Indonesia
·Domain .Co.Id dimiliki oleh perusahaan swasta yang sifatnya komersil. Jadi mereka harus melampirkan SIUP jika ingin membeli domain .Co.Id
Dalam istilah domain dikenal juga ada namanya subdomain. Subdomain adalah domain yang menjadi cabang dari domain induk. Contoh, Lihat vivanews.com jika kita lihat link bola akan ditautkan ke bola.vivanews.com. Jadi vivanews.com adalah domain utama dan bola.vivanews.com adalah subdomainnya untuk khusus masalah olahraga sepakbola
Hosting/Webhosting adalah tempat penyimpanan data online agar bisa di akses oleh orang lain. Jadi semua artikel dan database suatu domain disimpan di hosting. Analogi mudahnya adalah data dan hardisk pada komputer. data adalah artikel dan database sedangkan hardisk adalah hosting. Bedanya hanyalah, hosting bisa dilihat darimana saja asalkan ada koneksi internet. Hosting yang terkenal saat ini adalah hostgator dan bluehost.




Video Dokumentasi
Pada kolom ini berisi cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi yang telah saya buat pada Tahap Perkuliahan ini.

Kolom di bawah ini merupakan uraian yang menceritakan isi Video Dokumentasi yang telah saya buat.
 Video yang saya buat kali ini di antaranya:
Menjelaskan cara menyiapkan domain dan database, yang di mulai dari cara mendownloads dan menginstall wordpress.
Kolom di bawah ini berisi link yang menampilan Video Dokumentasi yang telah saya upload di Youtube.

No comments:

Post a Comment