Pages

Thursday, September 12, 2013

Riswana A B, Install mysql server & mail server on debian



Laporan Aktivitas Belajar
Nama Lengkap
:
Riswana Adihara Budiansyah
No. Registrasi
:
1107851324
Alamat email
:
riswanaadiharab@gmail.com
Opsi
:
Sistem Jaringan dan Website
Tahap Perkuliahan ke-
:
22
USBJJ
:
STT YBS Internasional Tasikmalaya

Aktivitas Belajar Mandiri
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.
Seperti biasa Saya selalu mengikuti pembelajaran perkuliahan khususnya di mata perkuliahan TKJ sesuai dengan jadwal perkuliahannya.
Di tahap perkuliahan yang ke 22 ini saya belajar mengenai Jaringan computer, juga instalasi server DNS, FTP dan web server dan mysql berikut mail server nya di debian.
.
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini.
Seperti biasa aktivitas saya di USBJJ selama tahap perkuliahan yang ke 22 ini yaitu selalu mengerjakan dan mengumpulkan tugas yang diberikan di tahap perkuliahan yang ke 22 ini dengan baik dan tepat waktu.
Kolom di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.
Adapun kendala kendala yang saya hadapi di tahap perkuliahan yang ke-22 ini mungkin dalam hal memahami isi tugas di tahap yg ke 22 ini, juga ada sedikit kendala mengenai softwere yg di butuhkan dalam pengerjaan tugas di tahap yg ke 22 ini.
Akan tetapi setelah  berusaha mengerjakannya  dengan sungguh – sungguh Alhamdulillah tugas tersebut dapat terselesaikan  dengan baik dan tepat waktu.


Rangkuman Materi Perkuliahan
Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahan ini.
B.  PENGERTIAN MYSQL
MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL (bahasa Inggris: database management system) atau DBMS yang multithread, multi-user, dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia. MySQL AB membuat MySQL tersedia sebagai perangkat lunak gratis dibawah lisensi GNU General Public License (GPL), tetapi mereka juga menjual dibawah lisensi komersial untuk kasus-kasus dimana penggunaannya tidak cocok dengan penggunaan GPL.
Relational Database Management System (RDBMS)
MySQL adalah Relational Database Management System (RDBMS) yang didistribusikan secara gratis dibawah lisensi GPL (General Public License). Dimana setiap orang bebas untuk menggunakan MySQL, namun tidak boleh dijadikan produk turunan yang bersifat komersial. MySQL sebenarnya merupakan turunan salah satu konsep utama dalam database sejak lama, yaitu SQL (Structured Query Language). SQL adalah sebuah konsep pengoperasian database, terutama untuk pemilihan atau seleksi dan pemasukan data, yang memungkinkan pengoperasian data dikerjakan dengan mudah secara otomatis. Keandalan suatu sistem database (DBMS) dapat diketahui dari cara kerja optimizer-nya dalam melakukan proses perintah-perintah SQL, yang dibuat oleh user maupun program-program aplikasinya. Sebagai database server, MySQL dapat dikatakan lebih unggul dibandingkan database server lainnya dalam query data. Hal ini terbukti untuk query yang dilakukan oleh single user, kecepatan query MySQL bisa sepuluh kali lebih cepat dari PostgreSQL dan lima kali lebih cepat dibandingkan Interbase.
Keistimewaan MySQL
MySQL memiliki beberapa keistimewaan, antara lain :
1.   Portabilitas. MySQL dapat berjalan stabil pada berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux, FreeBSD, Mac Os X Server, Solaris, Amiga, dan masih banyak lagi.
2.   Open Source.MySQL didistribusikan secara open source, dibawah lisensi GPL sehingga dapat digunakan secara cuma-cuma.
3.   Multiuser’. MySQL dapat digunakan oleh beberapa user dalam waktu yang bersamaan tanpa mengalami masalah atau konflik.
4.   Performance tuning’. MySQL memiliki kecepatan yang menakjubkan dalam menangani query sederhana, dengan kata lain dapat memproses lebih banyak SQL per satuan waktu.
5.   Jenis Kolom. MySQL memiliki tipe kolom yang sangat kompleks, seperti signed / unsigned integer, float, double, char, text, date, timestamp, dan lain-lain.
6.   Perintah dan Fungsi. MySQL memiliki operator dan fungsi secara penuh yang mendukung perintah Select dan Where dalam perintah (query).
7.   Keamanan. MySQL memiliki beberapa lapisan sekuritas seperti level subnetmask, nama host, dan izin akses user dengan sistem perizinan yang mendetail serta sandi terenkripsi.
8.   Skalabilitas dan Pembatasan. MySQL mampu menangani basis data dalam skala besar, dengan jumlah rekaman (records) lebih dari 50 juta dan 60 ribu tabel serta 5 milyar baris. Selain itu batas indeks yang dapat ditampung mencapai 32 indeks pada tiap tabelnya.
9.   Konektivitas. MySQL dapat melakukan koneksi dengan klien menggunakan protokol TCP/IP, Unix soket (UNIX), atau Named Pipes (NT).
10.               Lokalisasi. MySQL dapat mendeteksi pesan kesalahan pada klien dengan menggunakan lebih dari dua puluh bahasa. Meski pun demikian, bahasa Indonesia belum termasuk di dalamnya.
11.               Antar Muka. MySQL memiliki interface (antar muka) terhadap berbagai aplikasi dan bahasa pemrograman dengan menggunakan fungsi API (Application Programming Interface).
12.               Klien dan Peralatan. MySQL dilengkapi dengan berbagai peralatan (tool)yang dapat digunakan untuk administrasi basis data, dan pada setiap peralatan yang ada disertakan petunjuk online.
13.               Struktur tabel. MySQL memiliki struktur tabel yang lebih fleksibel dalam menangani ALTER TABLE, dibandingkan basis data lainnya semacam PostgreSQL ataupun Oracle.

PENGERTIAN MAIL SERVER
Adalah Perangkat lunak program yang mendistribusikan file atau informasi sebagai respons atas permintaan yang dikirim via email, juga digunakan pada bitnet untuk menyediakan layanan serupa http://FTP.

     Email adalah fasilitas di internet untuk keperluan surat menyurat. Sebagaimana layaknya kegiatan surat-menyurat melalui jasa pos, email mampu menangani jasa pengiriman berita dan dokumen dalam bentuk data elektronik (file), termasuk jasa e-card (kartu ucapan elektronik). Untuk memanfaatkan fasilitas email, sebelumnya harus memiliki sebuah alamat email, yang lazim disebut email address atau email account. Account email dapat diperoleh dari sebuah situs penyedia fasilitas email. Hingga saat ini, fasilitas e-mail banyak disediakan secara gratis oleh situs-situs internet lokal dan internasional (tidak dibedakan fungsinya).
                  Statistik menunjukan bahwa untuk e-mail merupakan aplikasi utama yang sering digunakan oleh pengguna Internet, terutama pengguna veteran bukan pemula. Tentunya dalam sebuah kantor, sekolah, institusi yang mempunyai banyak pengguna akan sangat tidak praktis jika setiap orang harus diberikan komputer & modem untuk mengakses e-mail. Akan lebih sederhana, jika kita bisa membuatkan sebuah e-mail server yang akan mengatur e-mail untuk semua orang, mengambilkan semua mail di Internet, mengirimkan mail ke Internet, maupun mengirimkan e-mail antar pengguna lokal..






Video Dokumentasi
Pada kolom ini berisi cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi yang telah saya buat pada Tahap Perkuliahan ini.
Ini adalah screenshot dari  Video tutorial instalasi mysql server dan mail server :










Kolom di bawah ini merupakan uraian yang menceritakan isi Video Dokumentasi yang telah saya buat.
.      
1. Dalam video tutorial yg ke 22 ini pertama menjelaskan mengenai instalasi mysql dan mail server di debian
MySQL-server adalah suatu apkikasi yang mampu menampung data atau bisa juga disebut sebagai  Database dalam bahasa pemrograman. Database dalam pemrograman web semakin lama semakin populer. Dengan menggunakan database  data yang di simpan akan aman di dalamnya. Database juga banyak dipakai pada web. Kali ini saya akan memberitahukan langkah demi langkah dalam pembuatan mysq- server.
Langkah pertama lakukan instalasi paket “mysql-server” di dalam cd binary 4 debian 4 menggunakan perintah
aptitude install mysql-server kemudian tekan enter
1
Pilih y untuk melanjutkan penginstallan paket mysql tersebut
Setelah menekan tombol y dan enter muncul perintah untuk mengganti cd debian binary 4 ke binary 1 seperti di bawah
2

Kemudian muncul perintah lagi untuk mengganti cd debian binary 1 kembali ke cd debian binary 4
Jika sudah tekan enter
3

Setelah paket mysql-server telah terinstall ujilah dengan masuk ke dalam mysql tersebut menggunakan perintah mysql –u root –p tekan enter dan kemudian masukkan password Anda
4

Jika sudah bisa masuk ke dalam mysql tersebut berarti paket mysql Anda sudah benar2 terinstall, lalu ketikkan perintah exit untuk keluar dari mysql tersebut
Selanjutnya installah paket phpmyadmin menggunakan perintah aptitude
5

Tekan Y pada saat melakukan penginstallan 2 kali
Kemudian muncul perintah untuk mengganti cd debian binary 4 ke cd debian binary 1
Lalu tekan enter
6

Setelah paket phpmyadmin dan mysql-server terinstall kemudian installah juga paket apache
Karena paket ini juga di perlukan untuk membuat database server
Ketikkanlah perintah penginstallannya yaitu aptitude install apache2
7

Jangan lupa juga untuk menginstall  paket links paket links ini di gunakan untuk melihat hasil dari konfigurasi database server anda nanti kalau sudah selesai ,
Seperti gambar di bawah
8

Setelah semua paket paket untuk membuat database server telah selesai terinstall semua
Maka konfigurasilah file default yang ada di directori /etc/apache2/sites-avaliable/ menggunakan perintah nano
9

Edit isi dalam file default tersebut dengan memberikan pagar di depan RedirectMacth seperti contoh di bawah lalu save dan exit
10

Setelah selesai mengedit file default sekarang hapuslah file apache2-default yang ada di direktori /var/www/ dengan menggunakan perintah rm –rf contoh perintah penghapusan file seperti gambar di bawah
11

Setelah mengkonfigurasi apache2 telah selesai
Restartlah apache2 tersebut menggunakan perintah /etc/init.d/apache2 restart
12

Setelah selesai coba lihat hasil dari database server anda di dalam linuk debian basisi text ini menggunakan perintah links (nama domain/ip address)/phpmyadmin
13

Di bawah merupakan tampilan dari login database server Anda
Isikanlah username dan password yg anda buat tadi di mysql lalu pilih tulisan GO untuk masuk ke dalam database server Anda
14

Tampilan database server di dalam linux seperti gambar di bawah
Jika sudah bisa di coba di dalam linux sekarang cobalah ke dalam client windows Anda
15

uka browser Anda kemudian isikanlah ip address atau nama domain /phpmyadmin Jika sudah muncul tampilan seperti ini berarti anda tinggal login saja dengan mengisikan username dan password Anda
16

Kolom di bawah ini berisi link yang menampilan Video Dokumentasi yang telah saya upload di Youtube.

Adapun Link Video Tutorial instalasi mysql server dan mail server : http://youtu.be/u3QbpRgbHxw   


No comments:

Post a Comment