Pages

Thursday, September 19, 2013

instalasi aplikasi monitoring jaringan pada debian



Laporan Aktivitas Belajar
Nama Lengkap
:
Paisal pahrunisa
No. Registrasi
:
1107851323
Alamat email
:
Opsi
:
Sistem Jaringan dan Website
Tahap Perkuliahan ke-
:
23
USBJJ
:
STT YBSI Internasional Tasikmalaya

Aktivitas Belajar Mandiri
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.
 menjelaskan instalasi aplikasi monitoring jaringan, sesuai dengan kasus sederhana yang digunakan sebelumnya, pada Debian” judul tugas yang akan kami tempuh untuk tugas tahap perkuliahan kami kali ini selama stu mingu kedapan.
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini.
Saya mengerjakan postingan tanpa video selama tahap perkulihan yang berhubungan dengan debian ini, kenapa..?
Masalahnya.. (saya akan paparkan di kolom Kendal)
Kolom di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.
Entah kenapa, untuk video tutorial ini saya sangat terhambat sekali untuk menyelesaikan videonya. Karena debian selalu saja tidak sesuai dengan apa yang di lampirkan die learning terutama.
Mulai dari konfigurasi DNS, FRP, WEB server sampai kepada tugas yang sekarang, untuk mengerjakan tugas yang sekarang pun belum terkerjakan videonya dikarenakan untuk mengerjakan nya saya harus bisa mengerjakan yang awal dulu (HARUS SUKSES). Maka dari itu “KEHADIRAN DOSEN” sangat sangat dan sangat saya harapkan. Sebagai bahan referensi untuk tugas yang sekarang. Kalau saya bertanya terus pada browser internet rasanya mereka tidak memuaskan dan tidak sesuai.
Saya menggunakan debian 6, sedangkan yang berserakan di internet kebanyakan debian 5, itulah kenapa saya gak bisa-bisa.
Saya tidak mau membuat video yang jelek aplagi salah, yang nantinya sebagai bahan referensi bagi orang banyak.
TERIMA KASIH………..!!!



Rangkuman Materi Perkuliahan
Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahan ini
1.    
Untuk instalasi aplikasi monitoring jaringan pada debian lakukan langkah berikut:
Pertama kita buka dulu debiannya
Lalu lakukan tekan ctrl+alt+F1
setelah itu masuk pada user anda,(rooting), dan ketikan perintah seperti dibawah ini;
Ø  #apt-get install apcupsd, enter
Ø  Selanjutnya ketikan juga #vi /etc/default/apcusd , enter
Ø  Pada ISCONFIGURED=no, ganti dengan yes sehingga menjadi ISCONFIGURED=yes
Lalu enter
Ø  Lanjut ketikan #tail –f /var/log/message, enter
Ø  #isusb ,enter
Ø  #isusb –v –d 051d:0002, enter
Ø  >less ,enter
Ø  Sekarang kita konfigurasi file dan yang setting nama, tipe kabel dan yang lainnya.
Ø  # vi /etc/apcupsd/apcupsd.conf , enter
Ø  Pada UPSNAME, tambahkan homeups1(tanpa tanda kutip)
Ø  Ubah juga pada UPSCABLE smart manjadi UPSCABLE usb
Ø  Selanjutnya kita ubah di UPSTYPE apcsmart menjadi UPSTYPE usb
Ø  Dan juga di DEVICE /dev/ menjadi DEVICE
Ø  Bila sudah kita tes APC UPS nya, caranya:
Ø  Ketikan lagi #apctest ,enter
Ø  Kita mulai apcupsd server menggunakan init.d script.
Kita juga bisa menggunakan
/etc/init.d/apcupsd stop
/etc/init.d/apcupsd restart
Ø  Lansung saja kita ketikan lagi di command promp nya
#/etc/init.d/apcupsd start, enter
ؠ #ps aux ǀ grep apcupsd, enter
Ø  #netstar –tulpn Ç€ grep apcupsd , enter
Sekarang ketikanlagi perintah di command
#tail –f /var/log/apcupsd.event, enter

Selesai sudah pengaturan atau instalasi kita kali ini, semoga bermanfaat.


Video Dokumentasi
Pada kolom ini berisi cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi yang telah saya buat pada Tahap Perkuliahan ini.
contoh (screenshots) video dokumentasi :



Kolom di bawah ini merupakan uraian yang menceritakan isi Video Dokumentasi yang telah saya buat.
video in berisi tentang tata Cara instalasi aplikasi monitoring jaringan, sesuai dengan kasus sederhana yang digunakan sebelumnya, pada Debian
Kolom di bawah ini berisi link yang menampilan Video Dokumentasi yang telah saya upload di Youtube.
Untuk lebih jelasnya silahkan sobat tonton dan download video tutorialnya disini.

No comments:

Post a Comment