Pages

Tuesday, February 5, 2013

Laporan Aktivitas Belajar Tahap 1d-Hardware dan Perakitan PC Iwan Abdurachman



Laporan Aktivitas Belajar
Nama Lengkap
:
Iwan Abdurachman
No. Registrasi
:
1107851320
Alamat email
:
Iwan_abdurachman@yahoo.com ; zyuone2012@gmail.com
Opsi
:
Hardware dan Perakitan PC
Tahap Perkuliahan ke-
:
1d
USBJJ
:
STT YBSI Tasikmalaya

Aktivitas Belajar Mandiri
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.
Setiap minggu hari Senin saya selalu Log In di Elearning untuk memeriksa tugas dan progress. Bila ada contoh saya lihat. Kemudian setelah tahu tugas yang harus saya kerjakan saya berusaha Mengumpulkan referensi dari berbagai sumber.
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini.
Untuk hari Jumat dan Sabtu saya Mengikuti kuliah pendampingan pengerjaan tugas elearning walaupun tidak sampai tuntas. Berdiskusi dengan teman seangkatan.

Kolom di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.
·           Kurangnya fasilitas terutama milik pribadi
·           Waktu yang harus berbagi dengan pekerjaan
·           Minimnya sumber buku referensi

Rangkuman Materi Perkuliahan
Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahan ini.
Pengenalan Pembuatan Video Dokumentasi
1.    Bagian-bagian Hardware dan fungsinya
2.    Langkah-langkah merakit PC
3.    Menyalakan PC apakah berfungsi dengan normal ataukah perakitannya kurang sempurna.


Video Dokumentasi
Pada kolom ini berisi cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi yang telah saya buat pada Tahap Perkuliahan ini.
Kolom di bawah ini merupakan uraian yang menceritakan isi Video Dokumentasi yang telah saya buat.
Menjelaskan Hardware Komputer dan fungsinya yang meliputi Processor (CPU) sebagai “otak” dari computer, RAM (Random Access Memory) sebagai penyiompanan data sementara, Heatsink sebagai pendingin Proseccor, Power Supply sebagai pengatur tegangan dan mengubah teganga AC menjadi DC, Motherboard sebagai tempatnya komponen-komponen, DVDROM sebagai alat Input maupun output yang dapat menyimpan/memindahkan data dari computer ke kepingan CD/DVD, Harddisk sebagai alat penyimpanan data yang berkapasitas besar.
Setelah semua hardware dijelaskan kemudian saya mulai merakit PC. Dimulai dari meletakkan Processor ke tempatnya, kemudian RAM, DVD ROM, HArdisk, dan mengkoneksikan kabel kabel dari depan yaitu HDD LED, RESET SW, Power SW, Power LED, Fornt USB, dan Front AUDIO. Kemudian Power Suply, dan mulai mengkoneksikan kabel-kabel pada soket yang tersedia. Setelah semua terpasang kemudian Cashing di tutup. Dan mulai memasang alat lainnya seperti keyboard, mouse, dan monitor. Kemudian di cek hidupkan.Jika Belum terinstal Sistem Operasi, maka masuk ke BIOS Setup,jadikan boot priority ke CD/DVD rom,,,setelah selesai settingan di save dan boot ulang kemudian tekan enter untuk boot melalui CD/DVD…selanjutnya terserah anda.
Setelah computer bias nyala dengan normal berarti perakitan tidak ada masalah (kalau di hardisk sudah terinstal system Operasi)
Kolom di bawah ini berisi link yang menampilan Video Dokumentasi yang telah saya upload di Youtube.

No comments:

Post a Comment