Pages

Wednesday, February 20, 2013

Menjalankan Windows 7 melalui Virtual Box


Laporan Aktivitas Belajar
Nama Lengkap
:
Iwan Abdurachman
No. Registrasi
:
1107851320
Alamat email
:
Iwan_abdurachman@yahoo.com ; zyuone2012@gmail.com
Opsi
:
Menjalankan Windows 7 melalui Virtual Box
Tahap Perkuliahan ke-
:
2
USBJJ
:
STT YBSI Tasikmalaya

Aktivitas Belajar Mandiri
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.
Mencari referensi baru dari Internet
Belajar sambil mengerjakan
Mendengarkan tutor tentang penjelasan masalah yang saya temui
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini.
Untuk hari Jumat dan Sabtu saya Mengikuti kuliah pendampingan pengerjaan tugas elearning walaupun tidak sampai tuntas. Berdiskusi dengan teman seangkatan.

Kolom di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.
·           Kurangnya fasilitas terutama milik pribadi
·           Waktu yang harus berbagi dengan pekerjaan
·           Minimnya sumber buku referensi
·           Kerusakan pada microphone

Rangkuman Materi Perkuliahan
Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahan ini.
Pengenalan Pembuatan Video Dokumentasi
1.    Mendownload Virtual Box pada link aslinya
2.    Menginstal Virtual Box
3.    Mulai menjalankan instalasi Windows 7 pada Virtual Box
4.    Windows 7 siap digunakan pada Virtual Box


Video Dokumentasi
Pada kolom ini berisi cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi yang telah saya buat pada Tahap Perkuliahan ini.


http://www.youtube.com/watch?v=Xui92rCSr-0&feature=youtu.be
Kolom di bawah ini merupakan uraian yang menceritakan isi Video Dokumentasi yang telah saya buat.
Karena saya ingin tentang Virtual Box apak software berbayar ataukan gratis maka saya mendownloadnya dari situs resminya di : https://www.virtualbox.org/wiki/Downloads.
Setelah hasil downloadan tadi saya simpan pada desktop untuk memudahkan saya menginstal nantinya.
Double klik virtual box.exe tadi maka proses instalasi dimulai, kita tinggal mengklik next sampai proses instalasi selesai.
Setelah terinstal maka kita tinggal menjalankan virtual boxnya. Klik tombol new, isi kolom name sesuai keinginan kita klik next, setelah itu pilih OS yang akan kita install. Klik next lagi, setelah itu kita tinggal setting RAM yanga akan dipakai setelah selesai, klik next, buat Virtual Hard Drive dengan memilih create virtual drive klik next pilih DVI pilih atur kapasitasnya sesuai kebutuhan. Klik next…dan Instalasipun siap.
Klik tombol panah hijau (START) maka akan muncul jendela untuk memilih lokasi software windows yang akan kita install….klik create….
Proses instalasi dimulai
Pilih Time and Currency Indonesia, Klik next, klik Instal Now, setelah itu Centang Kotak Accept term & conditional…. Klik next …pilih custom installation….
Akan muncul jendela partisi yang belum diformat, klik advance option, pilih partisi di atas, klik new, klik apply, maka secara otomatis partisi akan terbentuk, selanjutnya klik next.
Tunggu HIngga Proses Instalasi selesai….
Nanti akan disurh memasukan Name..isikan sesuai keinginan klik next…biarkan kosong user account, klik next, biarkan kosong kotak nomor lisensi, jangan centang automatic update.
Klik next…dan tunggu hingga tampilan windows baru kita muncul…
Dan Jrenggg…windows 7 baru siap digunakan padaVirtual Box
Kolom di bawah ini berisi link yang menampilan Video Dokumentasi yang telah saya upload di Youtube.
http://www.youtube.com/watch?v=Xui92rCSr-0&feature=youtu.be

No comments:

Post a Comment