Pages

Thursday, July 25, 2013

Cara Instal Beserta Konfigurasinya, SMTP Server Dan MySQL By: Erik


Laporan Aktivitas Belajar
Nama Lengkap
:
Erik
No. Registrasi
:
1107851314
Alamat email
:
eerik894@gmail.com, eerik347@yahoo.com
Opsi
:
Sistem Jaringan Dan Website
Tahap Perkuliahan ke-
:
20
USBJJ
:
STT YBS Internasional Tasikmalaya

Aktivitas Belajar Mandiri
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.
 Kegiatan saya di luar kampus , terkait tugas tahap perkuliahan ke-20.saya melakukan pengecekan tugas yang ada di elearning, dimana tugasnya adalah menjelaskan tentang instalasi server SMTP,MySQL Dan melakukan konfigurasinya, sesuai dengan kasus yang digunakan di atas , pada windows server 2008.
Tugas untuk minggu ini di mulai pada tanggal 22 juli – 27 juli 2013.


Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini.
Kegiatan saya di kampus USBJJ pada hari jum’at dan sabtu belajar pemrograman dan sistem jaringan, dan baru sampai ke tahap pembelajaran berikut:
1.Belajar tentang pemrograman java yaitu tentang  PHP
2.Belajar tentang jaringan yaitu tentang windows server 2008                  
Kolom di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.
·          .saya sering kesulitan dalam prosser mengaupload karena internetnya sering ada gangguan.


Rangkuman Materi Perkuliahan
Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahan ini.
 Materi yang saya sudah pelajari selama tahap perkuliahan ini kalau pemograman baru sampai pada proses pembutan PHP pada wordpress, sedangkan kalau sistem jaringan baru sampai pada windows server 2008.

Install SMTP server windows 2008
       1  .   Buka Console Server Menager -> pilih Features -> lalu pilih Add Features
  • PIlih SMTP SERVER OPTION
  • Klik tombol Install kemudian tunggu proses installasi sampai selesai, lalu klik Close
  • Buka IIS 6.0 Manager pada Administrative Tools -> Internet Information Services 6.0
  • Pada [SMTP Virtual Server] klik kanan dan pilih properties
  • Pilih Relay pada tab ACCESS
  • Pilih Only the list below dan klik tombol ADD
  • Masukkan IP address 127.0.0.1 untuk relay
  • Kirim email manual dengan telnet untuk mengecek semua berjalan dengan normal. Telnet localhost 25 atau telnet IPPUBLIC 25 dan pastikan port tersebut terbuka di komputer windows server yang digunakan (tidak terblokir oleh firewall windows server), dan terbuka untuk publik.



Video Dokumentasi
Pada kolom ini berisi cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi yang telah saya buat pada Tahap Perkuliahan ini.
                                          1. screenshoot instal dan konfigurasi SMTP server:






                                         2. screenshoot instal dan konfigurasi MySQL:



Kolom di bawah ini merupakan uraian yang menceritakan isi Video Dokumentasi yang telah saya buat.
 Video yang saya buat kali ini di antaranya:
1.     Menjelaskan cara menjelaskan instal SMTP beserta konfigurasinya
2.     Menjelaskan cara instal MySQL beserta konfigurasinya,
Kolom di bawah ini berisi link yang menampilan Video Dokumentasi yang telah saya upload di Youtube.
 Link Youtube Cara instal dan konfigurasi SMTP server: http://youtu.be/eBqz2vAIvDA
Link youtube cara Instal dan konfigurasi MySQL : http://youtu.be/XnB4VrpR-3w



No comments:

Post a Comment