Pages

Saturday, July 6, 2013

Instalasi windows server 2008 di media virtual box


Laporan Aktivitas Belajar
Nama Lengkap
:
Paisal pahrunisa
No. Registrasi
:
1107851323
Alamat email
:
Opsi
:
Sistem Jaringan dan Website
Tahap Perkuliahan ke-
:
18
USBJJ
:
STT YBSI Internasional Tasikmalaya

Aktivitas Belajar Mandiri
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.
Setelah banyak kendala yang kami hadapi selama mengerjakan tugas ini yaitu tugas tentang bagaimana cara-cara instalasi windows server 2008 secara bertahap, saya akhirnya alhamdulilah menyelesaikannya. Dan tidak lepas dari mencari reverensi dari berbagai sumber. Kegiatan rutinnya tentunya kami belajar menyempurnakan tugas-tugas ini.
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini.
Di USBJJ, kali ini ada tugas tentang  sebuah video dokumentasi mengenai cara instalasi windows server 2008 secara bertahap, dan kali ini saya coba installnya di virtual box. Dan mngerjakankan secara bertahan, sistemnya saya mencoba suka dulu pada pekerjaan ini, lalu diikuti dengan menguasai.
Kolom di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.
Rasanya pada tahap perkuliahan ini saya mendapatkan kendala paling besar dari sebelumnya, yakni, jaringan koneksi internetnya yang tak kunjung mencapai koneksi, “itu karena belum ada biaya untuk membayar nya,” unjuk pegawai TU, namun yang saya rasa saya selalu tidak lepas dari memperhatikan keperluan tersebut, namun apalah daya apabila hanya salah satu pihak yang memperhatikan mungkin saya bisa disebut kurang beruntung juga, alias bisa disebut rugi.



Rangkuman Materi Perkuliahan
Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahan ini
1.    
Karena disini saya menginstalnya si virtual box, maka hendak sobat-sobat instal dulu virtual boxnya, (lebih lengkapnya silahkan lihat dialamat link ini).
Selanjutnya menginstal windows server dengan oracle VM VirtualBox 4.1.6
1.       klik icon setup VirtualBox-4.1.6-74713-win, lalu press next
2.       pilih custom setup untuk melakukan tempat hasil instalasi, lalu next
3.       centang semua option yang ada, kemudian press next
4.       tunggu beberapa saat, proses instalasi sedang berlangsung
5.       centang Always trust software from “Oracle Corporation.” kemudian next
6.       klik finish, setelah itu akan muncul oracle virtual box manager
7.       klik baru, untuk menjalankan windows 2008 di dalam virtual box
8.       version yang dipilih sesuai dengan kebutuhan instal, jika ingin menginstal windows 2008 pilih windows 2008 sesuai bite PC anda
9.       centang new harddisk untuk membuat harddisk baru. klik next
10.   pilih lokasi tempat anda menyimpan sofware windows server yang ingin di instal. press next
11.   kemudian muncul jendela seperti gambar di bawah, kemudian klik mulai untuk memulai instal windowserver 2008
12.   pilih bahasa yang anda mengerti dan next.
13.   press instal now.. kemudian press next.
14.   tunngu beberapa saat, kemudian centang I accept the lisence terms
15.   pilih disk tempat anda akan menyimpan windows server
16.   proses instalasi sedang berlangsung. tunggulah beberapa saat.
17.   masukkan password anda. ingatlah password yang anda buat, karena setiap saat anda membuka windows server akan selalu minta password. kemudian ok
18.   windows server 2008 sudah berhasil di instal melalui virtual box





Video Dokumentasi
Pada kolom ini berisi cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi yang telah saya buat pada Tahap Perkuliahan ini.
contoh (screenshots) video dokumentasi :


Kolom di bawah ini merupakan uraian yang menceritakan isi Video Dokumentasi yang telah saya buat.
Video ini berisi tutorial yang menjelaskan mengenai cara instalasi windows server 2008 melalui virtual box step by step.
Kolom di bawah ini berisi link yang menampilan Video Dokumentasi yang telah saya upload di Youtube.
Untuk lebih jelasnya silahkan sobat tonton dan download video tutorialnya disini.



No comments:

Post a Comment