Pages

Friday, July 26, 2013

Riswana A B, Install & Configure SMTP, Mysql Server


Laporan Aktivitas Belajar
Nama Lengkap
:
Riswana Adihara Budiansyah
No. Registrasi
:
1107851324
Alamat email
:
riswanaadiharab@gmail.com
Opsi
:
Sistem Jaringan dan Website
Tahap Perkuliahan ke-
:
20
USBJJ
:
STT YBS Internasional Tasikmalaya

Aktivitas Belajar Mandiri
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.
Seperti biasa Saya selalu mengikuti pembelajaran perkuliahan khususnya di mata perkuliahan TKJ sesuai dengan jadwal perkuliahannya.
Di tahap perkuliahan yang ke 20 ini saya belajar mengenai Jaringan computer, juga instalasi server SMTP dan MYSQL berikut cara konfigurasinya.
.
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini.
Seperti biasa aktivitas saya di USBJJ selama tahap perkuliahan yang ke 20 ini yaitu selalu mengerjakan dan mengumpulkan tugas yang diberikan di tahap perkuliahan yang ke 20 ini dengan baik dan tepat waktu.
Kolom di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.
Adapun kendala kendala yang saya hadapi di tahap perkuliahan yang ke-20 ini mungkin mengenai koneksi jaringan internet yang lumayan agak lelet, sehingga memperlambat dalam hal pengerjaan tugas tahap perkuliahan yang ke 20 ini.Juga dalam hal memahami isi dari tugas di tahap perkuliahan yg ke 20 ini.
Akan tetapi setelah  berusaha mengerjakannya  dengan sungguh – sungguh Alhamdulillah tugas tersebut dapat terselesaikan  dengan baik dan tepat waktu.


Rangkuman Materi Perkuliahan
Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahan ini.

SMTP(Simple Mail Transfer Protocol) adalah suatu protokol yang umum digunakan untuk pengiriman surat elektronik atau email di Internet. Protokol ini gunakan untuk mengirimkan data dari komputer pengirim surat elektronik keserver surat elektronik penerima.
Untuk menggunakan SMTP bisa dari Microsoft Outlook. biasanya untuk menggunakan SMTP di perlukan settingan :
1.      Email Address : contoh —> anda@domainanda.com
2.      Incoming Mail (POP3, IMAP or HTTP) server : mail.doaminanda.com
3.      Outgoing (SMTP) server : mail.domainanda.com
4.      Account Name : anda@domainanda.com
5.      Password : password yang telah anda buat sebelumnya


     B.  PENGERTIAN MYSQL
MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL (bahasa Inggris: database management system) atau DBMS yang multithread, multi-user, dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia. MySQL AB membuat MySQL tersedia sebagai perangkat lunak gratis dibawah lisensi GNU General Public License (GPL), tetapi mereka juga menjual dibawah lisensi komersial untuk kasus-kasus dimana penggunaannya tidak cocok dengan penggunaan GPL.
Relational Database Management System (RDBMS)
MySQL adalah Relational Database Management System (RDBMS) yang didistribusikan secara gratis dibawah lisensi GPL (General Public License). Dimana setiap orang bebas untuk menggunakan MySQL, namun tidak boleh dijadikan produk turunan yang bersifat komersial. MySQL sebenarnya merupakan turunan salah satu konsep utama dalam database sejak lama, yaitu SQL (Structured Query Language). SQL adalah sebuah konsep pengoperasian database, terutama untuk pemilihan atau seleksi dan pemasukan data, yang memungkinkan pengoperasian data dikerjakan dengan mudah secara otomatis. Keandalan suatu sistem database (DBMS) dapat diketahui dari cara kerja optimizer-nya dalam melakukan proses perintah-perintah SQL, yang dibuat oleh user maupun program-program aplikasinya. Sebagai database server, MySQL dapat dikatakan lebih unggul dibandingkan database server lainnya dalam query data. Hal ini terbukti untuk query yang dilakukan oleh single user, kecepatan query MySQL bisa sepuluh kali lebih cepat dari PostgreSQL dan lima kali lebih cepat dibandingkan Interbase.
Keistimewaan MySQL
MySQL memiliki beberapa keistimewaan, antara lain :
1.   Portabilitas. MySQL dapat berjalan stabil pada berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux, FreeBSD, Mac Os X Server, Solaris, Amiga, dan masih banyak lagi.
2.   Open Source.MySQL didistribusikan secara open source, dibawah lisensi GPL sehingga dapat digunakan secara cuma-cuma.
3.   Multiuser’. MySQL dapat digunakan oleh beberapa user dalam waktu yang bersamaan tanpa mengalami masalah atau konflik.
4.   Performance tuning’. MySQL memiliki kecepatan yang menakjubkan dalam menangani query sederhana, dengan kata lain dapat memproses lebih banyak SQL per satuan waktu.
5.   Jenis Kolom. MySQL memiliki tipe kolom yang sangat kompleks, seperti signed / unsigned integer, float, double, char, text, date, timestamp, dan lain-lain.
6.   Perintah dan Fungsi. MySQL memiliki operator dan fungsi secara penuh yang mendukung perintah Select dan Where dalam perintah (query).
7.   Keamanan. MySQL memiliki beberapa lapisan sekuritas seperti level subnetmask, nama host, dan izin akses user dengan sistem perizinan yang mendetail serta sandi terenkripsi.
8.   Skalabilitas dan Pembatasan. MySQL mampu menangani basis data dalam skala besar, dengan jumlah rekaman (records) lebih dari 50 juta dan 60 ribu tabel serta 5 milyar baris. Selain itu batas indeks yang dapat ditampung mencapai 32 indeks pada tiap tabelnya.
9.   Konektivitas. MySQL dapat melakukan koneksi dengan klien menggunakan protokol TCP/IP, Unix soket (UNIX), atau Named Pipes (NT).
10. Lokalisasi. MySQL dapat mendeteksi pesan kesalahan pada klien dengan menggunakan lebih dari dua puluh bahasa. Meski pun demikian, bahasa Indonesia belum termasuk di dalamnya.
11 Antar Muka. MySQL memiliki interface (antar muka) terhadap berbagai aplikasi dan bahasa pemrograman dengan menggunakan fungsi API (Application Programming Interface).
12.Klien dan Peralatan. MySQL dilengkapi dengan berbagai peralatan (tool)yang dapat digunakan untuk administrasi basis data, dan pada setiap peralatan yang ada disertakan petunjuk online.
1   Struktur tabel. MySQL memiliki struktur tabel yang lebih fleksibel dalam menangani ALTER TABLE, dibandingkan basis data lainnya semacam PostgreSQL ataupun Oracle.





Video Dokumentasi
Pada kolom ini berisi cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi yang telah saya buat pada Tahap Perkuliahan ini.
Ini adalah screenshot dari  Video tutorial instalasi & konfigurasi SMTP Server  :

Ini adalah screenshot dari  Video tutorial konfigurasi web server :












Kolom di bawah ini merupakan uraian yang menceritakan isi Video Dokumentasi yang telah saya buat.
Di Video Tutorial yg pertama menceritakan mengenai proses instalasi Smtp berikut cara konfigurasinya.

SMTP(Simple Mail Transfer Protocol) adalah suatu protokol yang umum digunakan untuk pengiriman surat elektronik atau email di Internet. Protokol ini gunakan untuk mengirimkan data dari komputer pengirim surat elektronik keserver surat elektronik penerima.

Installing the SMTP feature

1. Klik Start> Run dan kemudian masukkan servermanager.msc di kotak dialog Buka kemudian klik OK untuk memuat Server Manager:

2. Gunakan Fitur Tambah Wizard untuk memilih SMTP Server pada halaman Fitur Pilih. Untuk memulai ini, klik kanan pada Fitur dan klik Tambah Fitur:

Pada bagian Fitur periksa SMTP Server dan klik Next:

Anda dapat melihat kotak dialog seperti di bawah yang menyatakan bahwa layanan peran tertentu dan fitur yang diperlukan untuk SMTP:

5. Klik Tambah Layanan Peran Diperlukan dan kemudian Anda akan kembali ke bagian Fitur sebelumnya. Pastikan SMTP Server diperiksa kemudian klik Next.
6. Dalam Server (IIS) Bagian Web, klik Next untuk melanjutkan ke bagian Layanan Peran:

7. Layanan Peran harus diisi sebelumnya - IIS 6 Kompatibilitas Manajemen harus dipilih, dan di bawahnya, IIS 6 Metabase Kompatibilitas dan IIS 6 Management Console juga harus diperiksa. Klik Next untuk melanjutkan:

Pada bagian Konfirmasi klik Install:

9. Pada bagian Hasil klik Tutup untuk menyelesaikan instalasi SMTP Server.

Konfigurasi SMTP Server

Langkah selanjutnya adalah mengkonfigurasi SMTP. Untuk melakukannya kita perlu membuka Internet Information Services (IIS) 6.

10. Klik Start> Run dan kemudian masukkan inetmgr6 dalam kotak dialog kemudian klik OK untuk memuat IIS Manager 6.

11. Dalam IIS 6 Manajer klik kanan pada SMTP Server dan pilih Properties:

2. Dalam tab General, kecuali jika Anda ingin SMTP Server untuk menggunakan alamat IP tertentu, meninggalkan pengaturan seperti mereka sehingga alamat IP diatur ke (All Unassigned):

. Untuk melanjutkan, klik pada tab Access:

14. Klik pada tombol Otentikasi dan menjamin akses Anonymous dicentang dan kemudian klik OK:

15. Setelah kembali di Akses tab, klik pada tombol Connection. Pilih Hanya daftar di bawah ini dan kemudian klik Add. Masukkan 127.0.0.1 sebagai addess IP dan kemudian klik OK:

Koneksi pengaturan kontrol yang komputer dapat terhubung ke server SMTP dan mengirim surat. Dengan pemberian hanya localhost (127.0.0.1) acces, s hanya membatasi server sendiri kemampuan untuk terhubung ke server SMTP. Ini merupakan persyaratan untuk keamanan.

16. Klik OK untuk kembali ke tab Access dan kemudian klik pada tombol Relay. Masukkan 127.0.0.1 sebagai addess IP dan kemudian klik OK ::

Bagian Relay menentukan komputer dapat relay e-mail melalui server SMTP. Dengan hanya mengizinkan alamat IP localhost (127.0.0.1) izin estafet itu berarti bahwa hanya server itu sendiri bisa relay mail. Sebaliknya, mencegah server SMTP dari menjadi relay terbuka dan digunakan untuk mengirim email spam yang tak diinginkan oleh komputer lain di internet, yang dapat menyebabkan server SMTP menjadi hitam.

17. Selanjutnya, buka tab Pesan. Di sini Anda dapat memasukkan alamat email di mana salinan laporan non-pengiriman akan dikirimkan. Anda juga dapat mengkonfigurasi lokasi direktur Badmail Namun, pengaturan default harus cukup:
20130427131034
18. Selanjutnya, lihat ke tab Pengiriman:

19. Klik pada tombol Keamanan Outbound dan menjamin akses Anonymous dipilih. Sebagai satu-satunya server yang dapat terhubung dan relay e-mail melalui server SMTP localhost ini pengaturan keamanan baik-baik saja:

20. Klik OK untuk kembali ke tab Pengiriman dan kemudian klik Connections Outbound. Biarkan default karena mereka:

21. Klik OK untuk kembali ke tab Pengiriman dan kemudian klik pada Connections Outbound, kemudian klik pada tombol Advanced :
20130427131219



Di sini Anda akan perlu untuk memasukkan nama fully-qualified domain dari server SMTP. Ini akan menjadi nama host atau Sebuah catatan yang telah dibuat dalam file zona DNS Anda. Ini adalah lurus ke depan untuk melakukan tetapi Anda harus mengkonfirmasi bagaimana Anda melakukan hal ini dengan pihak yang mengelola DNS untuk domain Anda. Saya telah memasuki mail.vsysad.com karena ini sepenuhnya-kualifikasi. Jika Anda klik pada tombol Cek DNS Anda dapat mengkonfirmasi apakah nama yang Anda pilih menyelesaikan berhasil. Dalam kasus saya itu tidak seperti yang saya lihat berikut ini:

22. Klik OK dan kemudian OK lagi untuk keluar SMTP Virtual Server Properties.

Anda juga dapat melakukan tes ini dengan menjalankan nslookup untuk mengkonfirmasi keberadaan nama host serta mengkonfirmasi alamat IP memutuskan untuk - yang harus alamat IP dari server Anda:
20130427131924

Cara instal dan konfigurasi Mysql server :

1.Download terlebih dahulu Softwarenya Di http://dev.mysql.com/downloads/mysql/.
2.Setelah Selesai Buka folder yang berisi intalasi mysql server
3.Double klik file MySQL installer yang telah kita download tadi dan Klik Next

4.Ceklis bagian I accept the terms in the License Agreement,lalu klik tombol Next
5.Lalu akan muncul gambar ini.Pilih yang Typical.
6.Klik Instal,lalu tunggu sampai proses instal selesai
7.Setelah proses Install selesai.klik Finish lalu akan muncul gambar ini.Klik Next
8.klik Next.

Selanjutnya tampilan akhir Wizard instalasi MySQL Server.Ceklis bagian Launch the MySQL Instance Configuration Wizard untuk menampilkan wizard konfigurasi,lalu klik tombol Finish.

9.Lalu klik Next.
10.Lalu pilih Detailed Configuration.Lalu klik Next.
11. Lalu pilih Developer Machine.Lalu klik Next.
12.Lalu pilih Multifunctional Database.Klik Next
13.Pilih drive untuk tempat menyimpan program Mysql nya.Lalu Next
14.Pilih Decision Support (DSS)/OLAP.Klik tombol Next
15.Lalu pilih klik check list pada Enable TCP/IP dan Enable Strcit Mode seperti gambar di bawah ini dan default server Port yaitu 3306.Jika kamu mengubah angka server port ini maka kamu memerlukan port spesifik untuk aplikasi-aplikasi untuk connect dengan server.Lalu Next
16.Lalu pilih Best Support For Multingualism untuk membuat UTF8 sebagai default character.Lalu klik Next
17.Lalu beri check list pada keduanya seperti gambar ini,lalu pilih Service Name sesuai keinginan anda.
18.Lalu beri checklist pada Modify security Settings jika anda ingin memberi pasword root.Seperti gambar di bawah ini.Jika tidak ingin menggunakan password,jangan beri chechlist pada Modify security settings.Lalu klik Next
19.Lalu klik Execute dan tunggu hingga instalasi selesai seperti gambar di bawah ini.
20.Setelah itu Klik Finish....

Selanjutnya untuk mengecek service MySQL Server telah berjalan.buka MySQL Command Line Client.Start –> All Program –> MySQL –> MySQL Server 5.5 –> MySQL 5.5 MySQL Command Line Client.
1.Masukan password root yang kita buat tadi.tekan Enter

2.ketikan show databases; untuk menampilkan database yang ada.Tekan Enter.setelah muncul maka MySQL Server telah berhasil di install dan dijalankan.






Kolom di bawah ini berisi link yang menampilan Video Dokumentasi yang telah saya upload di Youtube.

Adapun Link Video Tutorial instalasi & konfigurasi SMTP Server : http://youtu.be/R9fCnpMEVlQ


Adapun Link Video Tutorial instalasi & konfigurasi Mysql server :
http://youtu.be/xO1Jdwm2BJE   




No comments:

Post a Comment