Pages

Wednesday, October 16, 2013

laporan tugas tahap ke-27


Laporan Aktivitas Belajar
Nama Lengkap
:
Siti Maryam
No. Registrasi
:
1107851325
Alamat email
:
Opsi
:
Jaringan dan website
Tahap Perkuliahan ke-
:
27
USBJJ
:
STT YBS Internasional Tasikmalaya

Aktivitas Belajar Mandiri
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.
           aktivitas belajar mandiri saya pada minggu ini seperti biasanya saya membuka elearning terlebih dahulu untuk melihat tugas dengan  sesuai jadwal minggu ini dan mencoba mempelajari dan mengerjakan tugas tersebut.
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini.
Untuk aktivitas saya di USBJJ minggu ini saya belajar tentang cara instalasi XAMPP dan membuat hello pada PHP
Kolom di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.
Saat ini saya sara tidak ada kendala yang saya hadapi


Rangkuman Materi Perkuliahan
Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahan ini.
Untuk rangkuman materi perkuliahan yang telah saya palajari pada minggu adalah tentang cara instalasi XAMPP dan membuat hello world pada PHP, Nah silahkan ikuti langkah-langkah seperti dibawah ini:
CARA INSTAL XAMPP
XAMPP adalah suatu aplikasi paketan yang di dalamnya terdapat, phpmyadmin, my sql, dll, dengan aplikasi ini kita bisa membuat database lewat mysql dan membuat program php.
Untuk menginstal xampp kita perlu mendownloadnya dulu. Saya menyarankan supaya menggunakan  xampp-win32-1.7.0-installer karena menurut saya lebih mudah dalam penginstalan dan lebih mudah dalam penggunaannya.

 Adapun langkah-langkahnya sbb:
       1.  Jika kita sudah mempunyai xampp-win32-1.7.0-installer langsung di klik kanan pilih run as administrator, nah jika belum punya coba download disini..

2.  langkah selanjutnya kita  akan masuk ke setup wizard, lalu klik next


3.  langkah selanjutnya  kita  akan berada di choose install location, disini kita akan secara otomatis diarahkan pada os (Operating System) yang kita gunakan.lalu  Klik next



          4.  Dan pada langkah terakhir kita akan berada di xampp option. Disini kita pilih semua checklist yang ada untuk dapat mengoptimalkan xampp yang kita buat. Lalu klik install


     5.  Setelah itu kita  tunggu sampai proses penginstalan selesai

     6.   Untuk mengetahui installan kita tadi berhasil atau tidak, kita buka xampp control panel, lalu cek apakah apache dan mysql sudah running atau belum, jika sudah running berarti penginstalan sudah berhasil namun jika belum running klik start. Setelah itu  coba buka web browser, lalu ketikan localhost pada adress barnya. Jika berhasil, maka XAMPP berhasil terinstalasi dengan baik seperti gambar dibawah ini:


CARA MEMBUAT HELLO WORLD PADA PHP
Untuk langkah-langkah membuat hello wrld pada php langkah pertamanya buka dulu XAMPP lalu buka notepad dan tulis/copy paste kodenya pada notepad, kodenya seperti dibawah ini
Kode: 
<html>
     <head>
          <title>Hello World!</title>
     </head>
     <body>
          <?php
               echo "<p>Hello World!</p>";
          ?>
     </body>
</html>

lalu save dengan nama hello.php , kemudian akses di browser lu dengan mengetik http://localhost/hello.php
maka akan muncul hasilnya seperti gambar di bawah ini

nah sobat untuk rangkuman minggu ini mungkin seperti itulah langkah-langkah, dan silahkan ikuti langkah-langkah tersebut.


Video Dokumentasi
Pada kolom ini berisi cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi yang telah saya buat pada Tahap Perkuliahan ini.
Adapun Screenshoots video tugas tahap ke-27 adalah sbb:











Kolom di bawah ini merupakan uraian yang menceritakan isi Video Dokumentasi yang telah saya buat.
Uraian yang menceritakan isi video dokumentasi pada tugas minggu ini adalah Tentang bagaimana cara Instalasi XAMPP dan membuat hello world pada PHP
Kolom di bawah ini berisi link yang menampilan Video Dokumentasi yang telah saya upload di Youtube.
Adapun link youtube yang telah saya buat pada minggu ini adalah sbb:


No comments:

Post a Comment