Pages

Friday, October 4, 2013

Riswana A B, Install cms Wordpress



Laporan Aktivitas Belajar
Nama Lengkap
:
Riswana Adihara Budiansyah
No. Registrasi
:
1107851324
Alamat email
:
riswanaadiharab@gmail.com
Opsi
:
Sistem Jaringan dan Website
Tahap Perkuliahan ke-
:
25
USBJJ
:
STT YBS Internasional Tasikmalaya

Aktivitas Belajar Mandiri
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.
Seperti biasa Saya selalu mengikuti pembelajaran perkuliahan khususnya di mata perkuliahan TKJ sesuai dengan jadwal perkuliahannya.
Di tahap perkuliahan yang ke 25 ini saya belajar mengenai Install CMS Wordpress dan membuat posting.
.
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini.
Seperti biasa aktivitas saya di USBJJ selama tahap perkuliahan yang ke 25 ini yaitu selalu mengerjakan dan mengumpulkan tugas yang diberikan di tahap perkuliahan yang ke 25 ini dengan baik dan tepat waktu.
Kolom di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.
Adapun kendala kendala yang saya hadapi di tahap perkuliahan yang ke-25 ini yaitu mengenai internet yang tidak connect, sehingga menghambat dalam pengerjaan tugas tahap perkuliahan 25 ini.
Akan tetapi setelah  berusaha mengerjakannya  dengan sungguh – sungguh Alhamdulillah tugas tersebut dapat terselesaikan  dengan baik dan tepat waktu.


Rangkuman Materi Perkuliahan
Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahan ini.

1. PENGERTIAN CMS

Pengertian CMS , CMS adalah Content Management System, yaitu sebuah software yang dipergunakan untuk membangun sebuah website. Mulai dari design, pengolahan data dan juga pengintegrasian dengan hosting. Di dalam jasa pembuatan website ini kami melayani pembuatan website yang berbasis CMS yang berupa joomla , drupal , wordpress , aura cms dll. CMS sendiri memiliki kelebihan penggunaan database, atau update content yang lebih mudah daripada website yang berbasis coding script (html). Anda bisa mengoperasikan websiter seperti penggunaan facebook, menulis artikel (posting), menambah menu dll.

Karena website yang berbasis coding script (html) biasanya bersifat statis atau jarang update. Seiring perkembangan waktu CMS mulai banyak digemari oleh para pengguna internet karena support pengembangannya oleh banyak organisasi sehingga menghasilalkan exstension-exstension yang sangat banyak dan mendukung perkembangan system CMS tersebut, karena bisanya CMS adalah Open Source. Oleh karena itu, bagi anda yang masih awam dalam dunia website, kami sarankan untuk memillih produk website yang dibangun dengan CMS dikarenakan agar tidak mengalami kesulitan dalam update konten kedepannya.

Wordpress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database)MySQL. PHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka (open source software). 

Selain sebagai blog, WordPress juga mulai digunakan sebagai sebuah CMS (Content Management System) karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. 

WordPress adalah penerus resmi dari b2/cafelog yang dikembangkan oleh Michel Valdrighi. Nama WordPress diusulkan oleh Christine Selleck, teman ketua pengembang (developer), Matt Mullenweg.

Kelebihan CMS Wordpress?

Kelebihan CMS wordpress yaitu penggunaan dan optimasinya mudah bahkan kita tidak harus tau banyak tentang PHP maupun MySQL. CMS wordpress sendiri costumize nya sangat mudah, anda tinggal menambahkan plugin ini itu untuk optimasi blog CMS wordpress sobat.
Untuk saat ini kebanyakan penyedia aplikasi CMS wordpress berbasis Cpanel (istilah kalau di hape china Pengelola File) tapi saat ini pula banyak yang mengembangkan Cpanel untuk lebih mudah dan lebih efisien.

Kelemahan CMS Wordpress?

Menurut pengalaman saya sendiri kelemahan menggunakan CMS wordpress adalah ketika kita menggunakan server share hosting atau hosting berbagi maka terkadang blog kita menjadi lemot bahkan sangat lemot lebih parahnya lagi ga bisa diakses keluar tulisan "Error Establishing a Database Connection" haduh mungkin kelebihan beban sob sehingga CMS wordpress saya ga bisa dibuka dan perlu repair. Lalu apa dampaknya tadi? dampaknya rangking di google mlorot yg bisa dilihat di google webmaster gara2 google boot ga bisa ngakses gan.
 



Video Dokumentasi
Pada kolom ini berisi cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi yang telah saya buat pada Tahap Perkuliahan ini.
Ini adalah screenshot dari  Video tutorial cara install CMS Wordpress dan membuat posting : 











Kolom di bawah ini merupakan uraian yang menceritakan isi Video Dokumentasi yang telah saya buat.
      Cara Install CMS Wordpress :
     Pertama kita install dulu xampp nya :
  1. Download aplikasi XAMPP xampp-win32-1.8.1-VC9-installer.exe.
  2. Dobel klik file xampp yang baru saja Anda download, selanjutnya akan muncul jendela “installer language” seperti di bawah ini:
    instal xampp, xampp localhost
  3. Selanjutnya pilih bahasa. Pilih yang Bahasa Inggris (English). Klik OK.
  4. Kadang pada proses ini muncul pesan error. Jika ada, abaikan saja dan lanjutkan dengan klik OK dan YES.
    2-instal-xampp
    3-instal-xamp
  5. Berikutnya akan muncul jendela yang isinya meminta Anda menutup semua aplikasi yang sedang berjalan. Jika semua aplikasi sudah ditutup, maka klik tombol Next.
    4-instal-xampp
  6. Selanjutnya Anda akan diminta untuk memilih aplikasi yang mau diinstal. Centang saja semua pilihan dan klik tombol Next.
    5-instal-xampp
  7. Kemudian Anda akan diminta untuk menentukan lokasi folder penyimpanan file-file dan folder XAMPP. Secara default akan diarahkan ke lokasi c:\xampp. Namun jika Anda ingin menyimpannya di folder lain bisa klik browse dan tentukan secara manual folder yang ingin digunakan. Jika sudah selesai, lanjutkan dan klik tombol Install.
    6-instal-xampp
  8. Tunggu beberapa menit hingga proses intalasi selesai. Jika sudah muncul jendela seperti di bawah ini, klik tombol Finish untuk menyelesaikannya.
    7-instal-xampp
  9. Berikutnya, akan muncul jendela dialog seperti gambar di bawah ini yang menanyakan Anda apakah mau langsung menjalankan aplikasi XAMPP atau tidak. Jika ya, maka klik YES.
    8-instal-xampp
     Kemudian kalau xampp nya sudah kita install, tinggal langsung saja install wordpressnya. Sebelumnya buka dulu di folder xampp yg sudah tadi kita install, lalu pilih xampp control, kemudian aktifkan apache dan mysqlnya.kalau sudah kita lanjut ke penginstallan wordpressnya.

1. Buat Folder di Local disk C:/Xampp/htdocs/ dengan nama wordpress.
2. ekstrak software wordpress kedalam folder C:/Xampp/htdocs/wordpress.
Cara Install WordPress Offline dengan XAMPP 1
3. aktifkan/jalankan Xampp. buka browser dan ketikkan http://localhost/wordpress.
Cara Install WordPress Offline dengan XAMPP 2
4.klik create a configuration file>Let’s go!
5. kemudian kita diminta memasukkan nama data base,username dan password.
Cara Install WordPress Offline dengan XAMPP 2b
sebelumnya kita buat dahulu databasenya,masuk ke http://localhost/phpmyadmin/,masukkan nama database dan jenis karakter seperti gambar dibawah ini.
Cara Install WordPress Offline dengan XAMPP 3
6. kemudian kembali ke proses instalasi wordpress dan isikan sesuai database yang telah di buat tadi, seperti gambar di bawah ini.
Cara Install WordPress Offline dengan XAMPP 4
7. sampai disini jika berhasil akan tampil klik Run the install. dan akan tampil informasi yang dibutuhkan untuk website anda nantinya.Cara Install WordPress Offline dengan XAMPP 5
8. klik install WordPress,dan jika berhasil akan ada tampilan bahwa insatalasi Success, dan kita diarahkan untuk login, masukkan username dan password,setelah berhasil login akan tampil Dashboard/Contol Panel wordpress kita.
Cara Install WordPress Offline dengan XAMPP 6

Kolom di bawah ini berisi link yang menampilan Video Dokumentasi yang telah saya upload di Youtube.

Adapun Link Video Tutorial cara install CMS Wordpress dan membuat posting :


 


No comments:

Post a Comment