Pages

Friday, March 1, 2013

Laporan Aktivitas Belajar Tahap Perkuliahan Ke3, Gita Raiza Tasela


Laporan Aktivitas Belajar
Nama Lengkap
:
Gita Raiza Tasela
No. Registrasi
:
1107851316
Alamat email
:
Opsi
:
Jaringan Dan Website
Tahap Perkuliahan ke-
:
3
USBJJ
:
STT YBSI Tasikmalaya Selatan

Aktivitas Belajar Mandiri
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.
Kegiatan pada minggu ini yaitu saya kembali membuat sebuah video dukumentasi yang menjelaskan tentang cara mengatur proxy di browser IE, cara mengatur IP statik & dinamik pada Network Adapter Windows 7 dan cara mengatur Network Adapter VirtualBox. Video tersebut harus dibuat dalam satu video. Cukup sulit karena disini saya harus menggabungkan 3 video dengan materi berbeda. Ini merupakan kegiatan diluar kampus, tapi berhubung banyak kendala yang di hadapi makanya saya mengerjakan tugas ini dikampus bersama teman-teman agar kami lebih mudah untuk bertanya dan berdiskusi tentang hal-hal yang tidak di mengrti .
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini.
Seperti biasa aktivitas di USBJJ yaitu saya harus mempostingkan hasil belajar atau ringkasan belajar di minggu ini, apalagi sekarang pembelajaran sudah memasuki tahap perkuliahan ke-3. Di tahap ini saya belajar tentang cara  mengatur proxy di browser IE, cara mengatur IP statik & dinamik pada Network Adapter Windows 7 dan cara mengatur Network Adapter VirtualBox.

Kolom di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.
Kendala yang saya hadapi pada tahap ini yaitu masih minimnya pengetahuan saya tentang koneksi jaringan, pada pembelajaran awal pernah juga di sampaikan tentang cara mengkoneksikan jaringan tapi itu masih belum saya pahami sepenuhnya. Selain itu juga koneksi internetnya tiba-tiba terputus sehingga menghambat penyelesaian tugas, dan materi yang disampaikan kurang dipahami.

Rangkuman Materi Perkuliahan
Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahan ini.
 *Cara mengatur proxy di  Browser IE
Mengganti proxy menggunakan Internet Explorer
Tools > Internet options > Connections > LAN settings > Use a proxy server > Advanced > HTTP.

*Cara mengatur IP statik dan dinamik pada Network Adapter Windows 7
-Untuk mengubah alamat IP komputer di Windows 7, ketik network and sharing center ke dalam kotak pencarian
di Start Menu dan pilih Network and sharing center ketika muncul.
-Kemudian klik pada change adapter settings.
-Klik kanan pada adaptor local area connections anda dan pilih Properties.
-Dalam Local Area Connection properties pilih Internet Protocol sorot Versi 4 (TCP/IPv4) lalu klik tombol Properties.
-Sekarang pilih use following ip address dan masukkan IP yang benar, Subnet mask, dan gateway default yang sesuai
dengan setup jaringan Anda. Lalu masukkan alamat utama dan Alternatif dns server anda. alamat dns bisa anda
tanyakan ke ISP anda misal ke telkom speedy.
-chek pada Validate setting upon exit kemudian klik OK.
-Sekarang pilih tombol close.
-Windows 7 akan menjalankan diagnosa jaringan dan memverifikasi koneksi.
-Untuk cek IP Address Anda dapat membuka command prompt dan ketik ipconfig untuk melihat pengaturan adaptor jaringan telah berhasil diubah.


Video Dokumentasi
Pada kolom ini berisi cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi yang telah saya buat pada Tahap Perkuliahan ini.
Screenshots Video

Kolom di bawah ini merupakan uraian yang menceritakan isi Video Dokumentasi yang telah saya buat.
Video yang saya buat kali ini adalah video yang menjelaskan cara mengatur proxy di browser IE, cara mengatur IP statik & dinamik pada Network Adapter Windows 7 dan cara mengatur Network Adapter VirtualBox.















Kolom di bawah ini berisi link yang menampilan Video Dokumentasi yang telah saya upload di Youtube.
Link video :




No comments:

Post a Comment