Pages

Sunday, March 31, 2013

laporan tahap ke7 siti maryam


     Laporan Aktivitas Belajar
Nama Lengkap
:
Siti Maryam
No. Registrasi
:
1107851325
Alamat email
:
Opsi
:
Sistem Jaringan dan Website
Tahap Perkuliahan ke-
:
7
USBJJ
:
STT YBS Internasional Tasikmalaya

Aktivitas Belajar Mandiri
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.
Untuk minggu ini aktivitasnya
  1.  Membuka elearning dengan melihat  tugas untuk minggu ini yaitu membuat video dokumentasi cara membuat aplikasi windows form
  2. Mempelajari mata ku,liah yang berkaitan dengan tugas minggu ini
  3. Mengerjakan/evaluasi tugas tahap ke 7
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini.
Untuk  minggu ini saya belajar tentang
  1.  input dan output pada windows C# 2010
  2. Belajar tentang membuat windows form application
  3. Dan banyak lagi yang lain

Kolom di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.
Untuk minggu ini saya rasa tidak terlalu banyak kendala-kendala yang saya hadapi Cuma hanya  ada kendala sedikit saja yaitu  jaringan internetnya lambat.apalagi kalau upload tugas video ke youtube itu lambat banget .mungkin hanya itu saja kendala yang saya hadapi pada minggu ini, saya harap untuk minggu-minggu berikutnya tidak ada kendala-kendala lagi.

Rangkuman Materi Perkuliahan
Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahan ini.
Sedangkan rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari pada minggu ini yaitu sebagai berikut:
MEMBUAT APLIKASI WINDOWS FORM PADA VISUAL C#
1.  Membuat Proyek Baru
Untuk membuat aplikasi form windows anda harus membuat proyek baru (new project) dengan cara sbb :
a. Pilih Menu File –>New–>Project
. Pilih Visual C# kemudian pilih Windows Form Application.
c. Isikan Nama Proyek-nya di Name.Isikan Lokasi Proyek-nya di Location.Klik OK untuk menyimpan.
2.  Menambahkan Kontrol di Form
Pada latihan ini kita menambahkan kontrol tombol di form caranya :
a.    Di Toolbox pilih Button kemudian drag ke form
b.    Untuk mengubah tulisan button1 menjadi klik pesan (contoh di latihan ini) caranya adalah pada tab properties pilih  text ubah button1.
c.    Setelah tulisan button1 diubah menjadi klik pesan maka tampilan di form.
3.  Mengisikan Kode Pada Kontrol
Langkah berikutnya adalah mengisikan kode program pada tombol di form. Rencana/skenario dari aplikasi ini adalah jika kita mengklik tombol klik pesan maka akan muncul kotak pesan “Hallo Saya Belajar C#”. Untuk itu langkah-langkahnya adalah sbb:
. Klik dua kali pada kontrol tombol di form maka akan muncul  perintah-perintah sbb :
b. Perlu anda perhatikan adalah potongan kode program ini :
private void button1_Click(object sender, EventArgs e)
{
}
Anda akan menempatkan kode program diantara tanda { dan } di bawah fungsi  private void button1_Click(object sender, EventArgs e)
c.  Sesuai dengan rencana/skenario jika user mengklik tombol maka akan muncul kotakl pesan maka kode programnya adalah sbb :
MessageBox.Show(“Hallo Saya Belajar C#”);
d. Kode lengkap programnya adalah sbb :
Ingat anda hanya mengisikan kode
MessageBox.Show(“Hallo Saya Belajar C#”);
sedangkan yang lain biarkan saja.
 4. Menyimpan Aplikasi
Langkah berikutnya adalah menyimpan perubahan yang anda lakukan di proyek. Caranya klik icon Save All  atau klik File –> Save All.
5. Menjalankan Aplikasi
Langkah terakhir adalah menjalankan aplikasi caranya adalah  klik tombol Start .  Maka akan aplikasi akan dijalankan .
Lalu klik tombol klik pesan maka windows yang telah kita buat tadi akan berjalan.
Nah mungkin langkah-langkahnya cukup sampai disini saja ,selamat mencoba






Video Dokumentasi
Pada kolom ini berisi cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi yang telah saya buat pada Tahap Perkuliahan ini.
Adapun Screenshots video tugas tahap 7 adalah sbb:



Kolom di bawah ini merupakan uraian yang menceritakan isi Video Dokumentasi yang telah saya buat.

Uraian yang menceritakan dalam video tersebut adalah tentang cara membuat aplikasi windows form pada Microsoft C# 2010
Kolom di bawah ini berisi link yang menampilan Video Dokumentasi yang telah saya upload di Youtube.
Adapun link youtobe yang telah saya buat adalah sbb: http://youtu.be/577HJTBH29A


No comments:

Post a Comment