Pages

Sunday, March 17, 2013

tugas gita raiza tasela


Laporan Aktivitas Belajar
Nama Lengkap
:
Gita Raiza Tasela
No. Registrasi
:
1107851316
Alamat email
:
Opsi
:
Jaringan Dan Website
Tahap Perkuliahan ke-
:
5
USBJJ
:
STT YBSI Tasikmalaya Selatan


Aktivitas Belajar Mandiri
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.
Kegiatan pada minggu ini yaitu saya kembali membuat sebuah video dokumentasi yang menjelaskan tentang cara mengatur proxy di browser IE, cara mengatur IP static dan dinamik pada network interface Debian dan cara mengatur network adapter VirtualBox. Biasanya saya mencari referensi untuk tugas kali ini bersama teman-teman di rumah atau di warnet.
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini.
Kegiatan di USBJJ kali ini yaitu mengenai :
  1. cara mengatur proxy di browser IE
  2. cara mengatur IP static dan dinamik pada network interface Debian
  3. cara mengatur network adapter VirtualBox dan,
  4. menginstall visual c# 2010
Kolom di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.
Pada tahap ini kendala yang saya hadapi tidaklah banyak, hanya saja dari segi pengetahuan saya yang masih kurang. Dan juga bila saya mengerjakan di rumah , saya tidak memiliki fasilitas untuk menerjakannya jadi saya kesulitan dalam hal itu.

Rangkuman Materi Perkuliahan
Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahan ini.
>Cara mengatur proxy di browser IE
1. Klik Start, tunjuk pada Programs, tunjuk pada Accessories, tunjuk pada Internet Tools, lalu klik Get On The Internet untuk menjalankan Internet Connection Wizard.
2. Klik Next, klik Manual, lalu klik Next untuk menjalankan Internet Setup Wizard.
3. Klik Next, klik Connect Using My Local Area Network, klik Next, lalu ikuti instruksi yang diberikan Internet Setup Wizard. Pastikan anda memberi tanda centang pada opsi Use Proxy Server ketika pilihan tersebut tampak dan masukkan pengaturan proxy pada kotak Proxy Server. Gunakan sintaks berikut ini untuk pengaturan proxy
dimana <address> adalah alamat Web dari server proxy, dan <port> adalah nomor port yang digunakan pada server proxy. Sebagai contoh, jika alamat server proxy adalah "proxy.example.microsoft.com" dan nomor port adalah 80, pengaturan pada kotak Proxy Server .

> Cara mengatur IP static dan dinamik pada network interface Debian
Langkah pertama kita buka dulu debiannya, lalu setelah itu kita pilih akcesoris dan pilih terminal yang ada di acsesoris tunggu sampai muncul perintahnya
Ø Setelah itu kita tulis su/super user lalu enter maka kita akan masuk ke super user
Ø setelah masuk ke super user, pada setting ip dinamis ini saya memakai ip 192.168.2.15 dan netmaskny 255.255,255.0, berikut perintahnya ifconpig eth 0 192.168.2.15 netmask 255.255.255.0 up
Ø setelah mensetting ip dinamis tersebut maka restart jaringan dengan cara berikut perintahnya /etc/init.d/networking restart lalu enter
Ø setelah merestart jaringan, kemudian lihat hasil konfigurasi jaringan yang ada dengan perintah, jika berhasil maka settingan IP kita akan muncul, dan berikut ini perintahnya ifconpig
jika kita berhasil maka ip yang kita buat tadi akan muncul
untuk selanjutnya kita mengatur ip statis
Ø ip statis adalah alamat ip permanen, jika computer di restart maka ip tersebut tidak hilang atau kembali default, maka saya disini memakai menggunakan teks nano, dan berikut ini perintahnya nano/etc/network/interfaces
Ø setelah mengetikan perintah tersebut, maka akan muncul teks editornano tersebut, sebelum mensetting IP perlu di ketahui tanda # merupakan tanda bahwa kalimat di depannya tidak akan di konfigurasi oleh teks editor, kemudian tambahkan script konfigurasi seperti sebagai berikut
autoeth0
iface eth0 inet static
address 192.168.2.15
netmask 255.255.255.0
gateway 192.168.2.1
Ø setelah mensetting IP statis tersebut, maka harus meretartnya kembali,perintahnya sama seperti tadi /etc/init.d/networking restart
Ø kemudian lihat hasil konfigurasi kita, maka perintahnya sama seperti tadi yaitu ifconfig lalu enter maka akan muncul hasil pensettingan tadi.
> cara mengatur network adapter VirtualBox
Ø Buka dulu virtual book nya
Ø Lalu klik file
Ø Lalu ketik preferences
Ø Lalu ketiknetwork
Ø Jika dalam host-only networksnya tidak ad maka buat yang baru bila sudah ada maka doble klik saja
Ø Lalu isikan ip adders nya
Ø Lalu ok


Video Dokumentasi
Pada kolom ini berisi cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi yang telah saya buat pada Tahap Perkuliahan ini.
Screenshots Video 

 
Kolom di bawah ini merupakan uraian yang menceritakan isi Video Dokumentasi yang telah saya buat.
Video yang saya buat kali ini adalah video yang menjelaskan tentang :
  1. cara mengatur proxy di browser IE
  2. cara mengatur IP static dan dinamik pada network interface Debian dan,
  3. cara mengatur network adapter VirtualBox










Kolom di bawah ini berisi link yang menampilan Video Dokumentasi yang telah saya upload di Youtube.
Link video :http://www.youtube.com/watch?v=x2QcV2Z2sOw&feature=youtu.be




No comments:

Post a Comment