Pages

Friday, March 15, 2013

Laporan perkuliahan ke-5: Erik

Nama Lengkap
:
Erik
No. Registrasi
:
1107851314
Alamat email
:
eerik894@gmail.com, eerik347@yahoo.com
Opsi
:
Jaringan Dan Website
Tahap Perkuliahan ke-
:
5
USBJJ
:
STT YBSI Tasikmalaya Selatan



Aktivitas Belajar Mandiri
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.
Pada minggu ini disibukan dengan membuat video dokumentasi tahap perkuliahan yang ke- 5 yaitu tentang  cara mengatur proxy di browser IE, cara mengatur IP static dan dinamik pada network interface debian.
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini.
Mencoba, mengulangi, mencoba ,mengulangi, itulah yang selalu di lakukan oleh saya ketika mengerjakan tugas, dan kebetulan pada kegiatan kali ini adalah tentang penjelasan 10 dasar perintah linux, saya menggunakan linux mint.
Kolom di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.
Kendala yang saya hadapi pada tahap ini yaitu :
·         linux sulit didapat, apalagi debian sesuai yang dianjurkan
·         elearning juga terkadang sering tidak dapat dibuka.
·         Dan lagi-lagi saya harus selamanya menggunakan fasilitas kampus, karna untuk pribadi masih diusahakan.



Rangkuman Materi Perkuliahan
Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahan ini.
Video dokumentasi saya pada minggu ini di antaranya:
1.      Menjelaskan cara mengatur proxy di browser IE
Langkah yang pertama kita buka dulu IE(Internet Explorer)nya.selanjutnya kita klik menu tools unuk memilih menu internet option. Lalu selanjutnya kita pilih menu connection lalu klik LAN setting. Lalu kita atur addressnya lalu klik ok.
2.      Menjelaskan cara mengatur network adaptordi virtual box
Langkahnya kita buka dulu virtual boxnya. Lalu kita pilih menu file selanjutnya kita pilih preferences selanjutnya pilih menu network. Setelah muncul tampilan network kila pilih virtual host lalu kita atur address.
3.      Menjelaskan cara mengatur IP static dan dinamik pada Debian.
Langakah yang pertama kita buka dulu linux debiannya. Selanjutnya kita pilih menu aplikasi yang ber ada di atas lalu pilh aksesorries lalu klik terminal.
Selanjutnya kita ketik SU= untuk masuk/login ke user
Lalu masukkan password. Selanjutnya kita ktik pico /etc/network/interfaces lalu enter. Yang fungsinya untuk mengatur mengatur IP static. Lalu kita ketik iface eth0 inet static.
Lalu kita masukkan IP nya Sebagai berikut:
Ø  Lalu ketik address 192.168.1.13
Ø  Netmask 255.255.255.0
Ø  Network 192.168.1.2
Ø  Broadcast 192.168.255
Ø  Gatway 192.168.1.1
Setelah kita masukkan IP static nya kita CTRL X lalu ketik Y terus enter
Kita ketik /etc/init.d/networking restart_ unuk merestart. Untuk mengecek nya kita ketikan ifconfig.

-          Untuk mengatur IP dinamiknya kita ketiakn piko /etc/network/interfaces
-          Lalu hapus IP yang muncul terus kita ganti dengan DHCP lalu enter.

Selanjutnya kita ketik lagi /etc/init.d/networking restart. Setelah muncul kita keti ifconfig untuk mengecek IP dinamik.
  




Video Dokumentasi
Pada kolom ini berisi cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi yang telah saya buat pada Tahap Perkuliahan ini.
Screenshots Video tentang 10 dasar perintah linux,,





Kolom di bawah ini merupakan uraian yang menceritakan isi Video Dokumentasi yang telah saya buat.
Pada kali ini saya ditugaskan untuk membuat video dokumentasi di antaranya:
1.      Cara mengatur proxy pada IE
2.      Cara mengatur network adaptor di virtual box
3.      Cara mengatur IP satik & dinamik pada linux debian




Kolom di bawah ini berisi link yang menampilan Video Dokumentasi yang telah saya upload di Youtube.
Link video :

No comments:

Post a Comment