Pages

Saturday, March 16, 2013

tugas tahap perkuliahan 5 eriga syifaudin al mansur



Laporan Aktivitas Belajar
Nama Lengkap
:
Eriga syifaudin al-mansur
No. Registrasi
:
1107851313
Alamat email
:
Opsi
:
Sistem Jaringan dan Website
Tahap Perkuliahan ke-
:
5
USBJJ
:
STT YBS Internasional Tasikmalaya

Aktivitas Belajar Mandiri
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.
Selama saya belajar di luar kampus saya biasanya mencari referensi untuk tugas di tahap perkuliahan ke-5 di minggu ini dengan teman-teman biasanya di rumah atau pun di warnet
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini.
Selama saya belajar di USBJJ saya belajar mengenai materi yang berhubungan dengan tugas pada tahap perkuliahan ini , sambil mengerjakan tugas pada tahap perkuliahan ini.
Kolom di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.
·         Secara pribadi tidak pnya laptop/PC yang membuat saya kesulitan dalam mengerjakan tugas
·         Koneksi internet yang kurang menyebabkan saat mengupload nya lumayan memakan waktu
·         Hardware pendukung seperti microphone yang rusak,serta webcam yang kurang jelas saat melakukan pengambilan video nya


Rangkuman Materi Perkuliahan
Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahan ini.
Materi yang saya dapatkan dalam tahap perkuliahan ini nyaitu mengenai tugas pada tahap perkuliahan ini yaitu mengenai setting proxy,setting IP di linux,serta setting adapter di virtualbox,sedikitnya juga saya mendapatkan pengetahuan mengenai pembuatan video tutorial serta editing video , dibawah ini ringkasan dari materi di minggu sekarang
SETTING PROXY DI BROWSER IE
Pertama klik menu tools pada menu bar – klik intenet options-klik LAN setting – pilih dan centang kolom use a proxy server-dan isikan address serta portnya
Untuk address itu sendiri bias di isikan berupa angka atau huruf
SETTING IP STATIC & DHCP

Untuk setting ip pada Ubuntu khususnya pada linux ada 2 cara yaitu
Bias dengan cara mengetikan di terminal melalui perintah-perintah
Dan ada juga melalui network manager,kebanyakan para pengguna linux biasanya menggunakan network manager dalam setting ip nya karna tidak perlu mengetikan perintah-perintah,tapi tidak sedikit para user yang mengunakan terminal , pada tugas video kali ini saya mengunakan terminal,berikut sedikit langkah demi langkahnya
Ketikan perintah sudo su
Lalu masukan password super usernya
Masukan perintah pico /etc/network/interfaces untuk masuk ke intefaces nano
Masukan lagi perintah dibawah ini untuk setting ip static
Auto eth0
Iface eth0 inet static
Address 192.168.1.111
Netmask 255.255.255.0
Broadcast 192.168.1.255
Gateway 192.168.11.250
Lalu configurasi di restart untuk mengecek apakah berjalan dengan baik masukan perintah /etc/init.d/networking restart
Nah untuk setting dhcp juga sama seperti itu namun cuman mengganti static menjadi dhcp dan menghapus address , netmask , broadcast,gateway nya saja .



Video Dokumentasi
Pada kolom ini berisi cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi yang telah saya buat pada Tahap Perkuliahan ini.

Kolom di bawah ini merupakan uraian yang menceritakan isi Video Dokumentasi yang telah saya buat.

Video di minggu ini yaitu video mengenai :
  • Setting proxy pada browser IE
  • setting ip static & dynamic(dhcp)
  • setting adapter di virtualbox
Kolom di bawah ini berisi link yang menampilan Video Dokumentasi yang telah saya upload di Youtube.


No comments:

Post a Comment