Pages

Friday, March 8, 2013

Laporan perkuliahan 4, 10 perintah linux

Nama Lengkap
:
Erik
No. Registrasi
:
1107851314
Alamat email
:
eerik894@gmail.com, eerik347@yahoo.com
Opsi
:
Jaringan Dan Website
Tahap Perkuliahan ke-
:
4
USBJJ
:
STT YBSI Tasikmalaya Selatan


Aktivitas Belajar Mandiri
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.
Pada minggu ini disibukan dengan membuat video dokumentasi tentang menjelaskan 10 dasar perintah linux. Setiap hari ke kampus mengerjakan sedikit demi sedikit tugas yang cukup mengupas tenaga tapi tetap semangat,
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini.
Mencoba, mengulangi, mencoba ,mengulangi, itulah yang selalu di lakukan oleh saya ketika mengerjakan tugas, dan kebetulan pada kegiatan kali ini adalah tentang penjelasan 10 dasar perintah linux, saya menggunakan linux mint.
Kolom di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.
Kendala yang saya hadapi pada tahap ini yaitu :
·         linux sulit didapat, apalagi debian sesuai yang dianjurkan
·         elearning juga terkadang sering tidak dapat dibuka.
·         Dan lagi-lagi saya harus selamanya menggunakan fasilitas kampus, karna untuk pribadi masih diusahakan.


Rangkuman Materi Perkuliahan
Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahan ini.
Berikut adalah perintah-perintah dasar Linux Debian :
1. Date : untuk melihat tanggal pada saat ini
2.  Cal : untuk melihat tanggal dalam satu bulan ini
3. Ls : berfungsi untuk menampilkan direktori yang aktif. Jadi jika kita terlalu banyak membuka suatu direktori, kita hanya perlu mengetik perintah “ls” yang di ikuti nama direktori yang ingin kita buka pada program root terminal. Maka akan muncul pada layar dengan sendirinya.
4. Cd: merupakan singkatan dari change directory yang berfungsi untuk merubah direktori menggunakan cd.
5. Cp : sama dengan fungsi tombol Ctrl+c pada Windows yaitu untuk mengcopy suatu file.
6. Pwd : menampilkan directori actual
7. rmdir : yang merupakan singkatan dari remove files yang berfungsi untuk menghapus suatu data atau file.
8. mkdir: berfungsi untuk membuat directory baru, kepajangan dari perintah ini adalah make directory.
9.  Whoami : untuk mengecek sebagai siapa kita ,kemidian akan muncul username yang telah    kita masukan
10.  Uname : untuk mengecek atau melihat li8nuk yang kita pakai
 Masih banyak sebenarnya perintah-perintah dasar linux , hanya saja saya hanya menampilkan 10 perintah dasar linux yang saya gunakan.



Video Dokumentasi
Pada kolom ini berisi cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi yang telah saya buat pada Tahap Perkuliahan ini.
Screenshots Video tentang 10 dasar perintah linux,,





Kolom di bawah ini merupakan uraian yang menceritakan isi Video Dokumentasi yang telah saya buat.
Pada kali ini saya membuat video tentang command linux, dan saya membuatnya selama 5 hari karena falilitas pribadi yang kurang ada pada diri saya.





Kolom di bawah ini berisi link yang menampilan Video Dokumentasi yang telah saya upload di Youtube.
Link video :

No comments:

Post a Comment