Pages

Thursday, March 7, 2013

laporan tugas tahap 4


Laporan Aktivitas Belajar
Nama Lengkap
:
Siti nurhasanah
No. Registrasi
:
1107851326
Alamat email
:
Opsi
:
Jartingan dan website
Tahap Perkuliahan ke-
:
4
USBJJ
:
STT YBSI Tasikmalaya

Aktivitas Belajar Mandiri
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.
Aktivitas minggu ini iyalah mencari materi tentang linux dan perintah2 dasar linux beserta pengertian nya.. materi nya saya dapatkan dari dosen dan saya lengkapi melalui browsing dari internet
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini.
Di tahap perkuliahan minggu ini saya mempelajari tentang.
1.     Instalasi linux mint
2.     Memahami perintah dasar linux



Kolom di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.
  Adapun kendala dalam tahap pembelajaran sbb :
·         Susah mencari aflikasi linux nya
·           Susah mencari materi nya. Walalupun pada akhirnya saya dapatkan
·          


Rangkuman Materi Perkuliahan
Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahan ini.
Saya akan coba memberikan sedikit pemahaman tentang linux
Sejarah linux
Pada tanggal 5 oktober 1991, Linus Benedict Torvalds, seorang mahasiswa Universitas helsinki di Finlandia, mengungumkan pada sebuah newsgroup bahwa dia telah berhasil menciptakan sebuah sistem operasi mirip UNIX yang sangat sederhana yang diberi nama linux, yang dikembangkan dari sistem operasi mirip UNIX. Saat ini , Linux adalah sistem operasi mirip UNIX yang sangat komplit. Linux telah menjadi "nafas segar" di arena sistem operasi. LInux bukan lagi sekedar "proyek mini" yang dikerjakan oleh linus Torvalds dkk, tetapi Linux telah tmbuh menjadi "saingan" bagi sistem operasi besar lainya. Saat ini, banyak perusahaan ataupun perorangan yang mengambil kernel Linux, lalu membundelnya dengan software gratis ataupun software komersial lainya membentuk distribusi Linux. beberapa distribusi linux S.u.s.e linux, trinux, slackware linux, debian dsb.

Karateristik Linux
Linux merupakan sebuah Sistem Operasi yang serupa dengan Unix, dan merupakan implementasi independen dari sistem operasi POSIX (Portable Operating System Interface for UNIX),dengan ekstensi SYSV dan BSD sistem operasi UNIX, yang berjalan pada microposesor keluarga Intel 80386DX, atau yang lebh baru. Sekarang ini, Linux dapat berjalan pada mesin berbasis lainya, antara lain, Sun Sparc, Mac, power PC, DEC Alpha, dan PPC mk86.
Dahulu, Linux merupakan proyek hobi yang dikerjakan Linus Torvalds (kayak nya pernah denger nama ini deh..umm dimana ya??? oh iya di Film Swordfish). dalam pengerjakan proyek hobinya ini, linus Trovalds memperoleh inspirasi dari Minix, suatu sistem UNIX kecil yang dikembangkan oleh Andy Tanebaum. Linux versi 0.001 dikerjakan sekitar bulan Agustus 1991, pada tanggal 1991 Linus mengumunkan versi resmi dari Linux, yaitu 0.02, di versi ini sang Pinguin bisa menjalankan Bash(GNU Bourne Again Shell) dan GCC(GNU C Compiler)
                                                                                                                                                                           
Beberapa perintah dasar linux
1.      Date ; untuk melihat tanggal
2.      Cal   : untuk melihat tanggal di bulan ini akan tampil semua nya
3.      Whoami : untuk login atau mengecek nama user kita
4.      Uname / uname –a : untuk melihat linux yang kita gunakan
5.      Pwd : untuk melihat direktori actual
6.      Ls : untuk melihat directori actual
7.      Cd : untuk berpindah directori
Cd ada beberapa pariasi ; cd / ; cd .. ; cd - ; cd ~
8.      Mkdir ; untuk membuat directori / folder baru
9.      Rmdir : untuk menghapus directori / folder
10.  Sudo untuk melakukan refarasi yAng berhubungan dengan pengguna

Sebenarnya masih banyak tapi saya hanya menyantumkan 10 itu karna di video tutorian nya saya memakai 10 perintah tersebut


Video Dokumentasi
Pada kolom ini berisi cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi yang telah saya buat pada Tahap Perkuliahan ini.
1.screenshot video :






Kolom di bawah ini merupakan uraian yang menceritakan isi Video Dokumentasi yang telah saya buat.
Video yang saya buat kali ini :
1.     Instalasi linux mint
2.     Penjelasan 10 dasar perintah linux di terminal linux






















Kolom di bawah ini berisi link yang menampilan Video Dokumentasi yang telah saya upload di Youtube.
1.     Link youtube tugas tahap ke

No comments:

Post a Comment