Pages

Saturday, April 13, 2013

Java Development KIT


Laporan Aktivitas Belajar
Nama Lengkap
:
Iwan Abdurachman
No. Registrasi
:
1107851320
Alamat email
:
Iwan_abdurachman@yahoo.com;zyuone2012@gmail.com
Opsi
:
Pemrograman Aplikasi Android
Tahap Perkuliahan ke-
:
8
USBJJ
:
STT YBS Internasional Tasikmalaya
Aktivitas Belajar Mandiri
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.
Membuka elearning terkait tugas baru, kemudian mencari referensi dari internet dan mempelajarinya
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini.
Belajar tentang instalasi JDK, dan eclipse, mencoba install Android SDK
Kolom di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.
1.     Bandwidht Inernet tidak sesuai dengan jumlah PC
2.     Kurangnya waktu untuk belajar
Rangkuman Materi Perkuliahan
Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahan ini.
1.  Download JDK dari situs penyedia resmi
a.     Kita akan masuk ke pilihan versi java yang kita load yaitu Java Platform (JDK) 7u17
Setelah di klik lalu Accept License Aggreement, kemudian pilih java yang sesuai dengan Sistem Operasi PC, saya memilih yang windows x86 karena PC yang saya pakai Win 7 32 bit. Tunggu hingga proses download selesai.
b.     Setelah selesai download, maka saatnya menginstal JDK tersebut, klik file jdk-7u17-windows-i586 , kemudian klik next----klik next lagi----dan tunggu hingga proses instalasi selesai.
c.     Untuk setting JDK agar bias berjalan di PC maka Klik kanan Computer----Properties---Advanced System Setting---Klik Tab Advanced ----Environment Variable ---- Setelah masuk jendela environment Variabel pada Tab System Variable ----klik Variable Path ---edit---muncul Jendela Edit System Variable---pada Variable name sudah terisi otomatis dengan path, pada variable value pastikan dimana letak menginstal java tadi, disini saya menginstal java di : C:\Program Files\Java\jdk1.7.0_17\bin. Jangan sampai terhapus path yang sudah ada dan hanya dipisahkan dengan tanda ; (titik koma) kemudian klik ok.
d.    Untuk ngetest apakah program java sudah terinstal dengan baik dan bisa berfungsi maka saya cek pada CMD, dengan RUN---CMD----enter
e.     Kemudian ketik javac atau java –version untuk melihat versi java yang diinstal;
f.      Bila ada tulisan “javac is not recognized as an internal or external command,operable program or batch file

Video Dokumentasi
Pada kolom ini berisi cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi yang telah saya buat pada Tahap Perkuliahan ini.


Kolom di bawah ini merupakan uraian yang menceritakan isi Video Dokumentasi yang telah saya buat.
Video ini memaparkan tentang :
1.     Download JDK pada situs terpercaya
2.     Instal JDK
3.     Setting JDK
Kolom di bawah ini berisi link yang menampilan Video Dokumentasi yang telah saya upload di Youtube.

 http://youtu.be/9F-cYfs5DtI

No comments:

Post a Comment