Pages

Wednesday, April 10, 2013

Tugas tahap perkuliahan ke-8 eriga syifaudin al-mansur

Laporan Aktivitas Belajar
Nama Lengkap
:
Eriga syifaudin al-mansur
No. Registrasi
:
1107851313
Alamat email
:
eriga99@gmail.com
Opsi
:
Sistem Jaringan dan Website
Tahap Perkuliahan ke-
:
8
USBJJ
:
STT YBS Internasional Tasikmalaya

Aktivitas Belajar Mandiri
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.
Selama tahap perkuliahan ini saya biasanya melakukan sebagai berikut:
·         Membuka elearning untuk melihat tugas pada tahap perkuliahan ini
·         Mempelajari materi tutorial video yang telah diberikan di elearning
·         Mencoba memperaktekannya


Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini.
Kegatan saya selama tahap perkuliahan ini saya biasanya sebagai berikut:
·         Berdiskusi mengenai tugas yang di berikan di elearning
·         Mempraktekannya lagi materi yang sudah di berikan di elearning
·         Mencoba menyelesaikan tugasnya

Kolom di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.
Kesulitan yang saya hadapi adalah
·         Saya tidak punya komputer
·         Koneksi internet yang kurang membuat saya kesulitan dalam mengupload videonya
·         Banyaknya pengeluaran untuk menyewa komputer di warnet dalam mengerjakan tugasnya


Rangkuman Materi Perkuliahan
Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahan ini.
 sebelum mendownload kita harus tau system type yang kita gunakan caranya sebagai berikut:
 klik => klik kanan pada computer => pilih properties liat gambat dibawah ini :
 
Nanti akan muncul seperti ini , seperti yang ada pada gambar dibawah ini:
catatan : Gambar diatas tidak semua 64bit. diatas hanya contoh saja.

 sekarang kita sudah mengetahui system type untuk OS windows kita , sekarang kita tinggal download JDK untuk download JDK masuk ke alamat ini http://www.oracle.com/technetwork/java/javase/downloads/jdk7u7-downloads-1836413.html 

 nanti kita pilih aja seperti yang ada di gambar dibawah ini:

sesuaikan system typenya
 untuk cara instal JDKnya adalah sebagai berikut:

1. Langsung buka program JDK yang telah di download tadi kemudian klik dua kali / ganda pada file instalasi jdk. 



2. Tunggu beberapa saat sampai muncul tampilan berikut:


3. Klik Next maka akan tampil jendela Custom Setup seperti pada gambar berikut:


4. Pada gambar tersebut terdapat 4 pilihan paket yang akan di-install:
1.      Development Tools, terdiri dari tools yang digunakan untuk membuat program menggunakan Java (compiler, debuger, dll).
2.      Source Code, berisi kode sumber (source code) dari demo dan contoh program.
3.      Public JRE, untuk menjalankan bytecode java
    Kita akan meng-install semuanya (default) sehingga langsung tekan next.


Pada gambar tersebut terdapat tombol Change untuk mengganti letak folder. Untuk mempermudah proses instalasi, biarkan diletakkan pada folder standard (tidak perlu dirubah). Selanjutnya tekan tombol Next, dan tunggu sampai proses instalasi selesai.



5. Setelah instalasi selesai akan muncul tampilan informasi registrasi program anda

Klik tombol Continue dan proses menginstal sudah selesai


Video Dokumentasi
Pada kolom ini berisi cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi yang telah saya buat pada Tahap Perkuliahan ini.
 
Kolom di bawah ini merupakan uraian yang menceritakan isi Video Dokumentasi yang telah saya buat.
Video yang saya buat pada tahap perkuliahan ini mengenai cara download dan instal JDK serta sedikit menjelaskan mengenai JDK
Kolom di bawah ini berisi link yang menampilan Video Dokumentasi yang telah saya upload di Youtube.


No comments:

Post a Comment