Pages

Tuesday, April 16, 2013

Riswana A B, Laporan tugas tahap perkuliahan 9


Laporan Aktivitas Belajar
Nama Lengkap
:
Riswana Adihara Budiansyah
No. Registrasi
:
1107851324
Alamat email
:
riswanaadiharab@gmail.com
Opsi
:
Sistem Jaringan dan Website
Tahap Perkuliahan ke-
:
9
USBJJ
:
STT YBS Internasional Tasikmalaya

Aktivitas Belajar Mandiri
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.
Seperti biasa Saya selalu mengikuti pembelajaran perkuliahan khususnya di mata perkuliahan TKJ sesuai dengan jadwal perkuliahannya.
Di tahap perkuliahan yang ke 9 ini saya belajar mengenai jaringan computer.
Di tahap perkuliahan yang ke 9 ini saya juga belajar mengenai cara download IDE (Intergrated depelopment environment) eclipse JEE juga cara bagaimana kita menginstalnya.
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini.
Saya selalu berusaha untuk bisa mengerti dan memahami apa saja materi – materi yang telah di berikan.
 Juga berusaha untuk selalu mengerjakan dan mengumpulkan tugas yang diberikan di tahap perkuliahan yang ke 9 ini dengan tepat waktu.
Kolom di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.
Dalam tahap perkuliahan yang ke 9 ini mungkin agak banyak kendala – kendala yang saya hadapi dalam pengerjaannya. Mungkin dalam hal mamahami isi dari tugas yang di berikan itu sendiri.
Akan tetapi setelah  berusaha mengerjakannya  dengan sungguh – sungguh Alhamdulillah tugas tersebut dapat terselesaikan  dengan baik dan tepat waktu.

Rangkuman Materi Perkuliahan
Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahan ini.
Dalam pembelajaran tahap perkuliahan yang ke 9 ini.Banyak hal-hal yang bisa saya pelajari.
Khususnya yang berhubungan dengan materi-materi di tahap yang ke 9 ini.
Yaitu saya belajar mengenai cara mendownload IDE eclipse JEE juga cara bagaimana kita menginstalnya.
Eclipse yaitu IDE (Integrated Depelopment Environment) yang di tulis sepenuhnya menggunakan java dan berbasiskan produk IBM yang bernama visulage.
Code basenya kemudian di adopsi ke open source dan akhirnya berubah namanya menjadi eclipse di bawah naungan eclipse foundation.
Di samping itu eclipse juga di distribusikan dalam beberapa project seseuai dengan kebutuhan spesipiknya :
·         Sebagai java IDE
·         Sebagai c++ IDE
·         Sebagai java mobile/embedded device IDE
·         Sebagai web deplopment
·         Dan sebagainya



Video Dokumentasi
Pada kolom ini berisi cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi yang telah saya buat pada Tahap Perkuliahan ini.
Ini adalah screenshot dari  Video dok. cara mendownload IDE Eclipse JEE & cara menginstalnya :










Kolom di bawah ini merupakan uraian yang menceritakan isi Video Dokumentasi yang telah saya buat.
Cara download & Instal IDE eclipse JEE :
1.     Kita masuk alamat  http://www.eclipse.org/downloads/ 
2.     Setelah itu akan muncul tampilan seperti ini


3.     Kemudian kita pilih Eclipse IDE for Java Developers, 99 MB.juga kita sesuaikan type windows yg kita gunakan.Ada dua pilihan ada yang 32 Bit dan 64 Bit
4.     Setelah itu kemudian akan muncul tampilan  seperti ini

5.     Lalu kita langsung saja download eclipsenya
6.     Nah setelah selesai mendownload kita langsung saja tinggal menginstalnya
7.     Pertama kita buka dulu file eclipse yang sudah di download tadi, kemudian klik kanan lalu pilih extract here.kemudian ok
8.     Lalu setelah selesai di extract kemudian buka hasil extractnya lalu kita tinggal langsung menginstalnya.
9.     Kemudian dalam proses penginstalan nanti akan muncul tampilan seperti ini

10. Setelah muncul tampilan seperti ini kita langsung saja ok
11.  Kemudian setelah di ok nanti akan muncul lagi tampilan seperti ini

12. Nah sudah muncul tampilan seperti ini berarti proses instalasi eclipse sudah selesai kita bisa langsung menggunakannya.









Kolom di bawah ini berisi link yang menampilan Video Dokumentasi yang telah saya upload di Youtube.

Ini adalah Link Video dok. Cara mendownload IDE Eclipse JEE & cara menginstalnya :  http://youtu.be/O5hCE8SD9ig




No comments:

Post a Comment