Pages

Thursday, April 11, 2013

laporan tugas tahap perkuliahan ke 8


Laporan Aktivitas Belajar
Nama Lengkap
:
Riswana Adihara Budiansyah
No. Registrasi
:
1107851324
Alamat email
:
riswanaadiharab@gmail.com
Opsi
:
Sistem Jaringan dan Website
Tahap Perkuliahan ke-
:
8
USBJJ
:
STT YBS Internasional Tasikmalaya

Aktivitas Belajar Mandiri
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.
Seperti biasa Saya selalu mengikuti pembelajaran perkuliahan khususnya di mata perkuliahan TKJ sesuai dengan jadwal perkuliahannya.
Di tahap perkuliahan yang ke 8 ini saya belajar mengenai dasar – dasar jaringan juga belajar bagaimana kita membuat suatu program sederhana
Di tahap perkuliahan yang ke 8 ini saya juga belajar mengenai cara download jdk (java develovment kit) juga cara bagaimana kita menginstalnya.
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini.
Saya selalu berusaha untuk bisa mengerti dan memahami apa saja materi – materi yang telah di berikan.
 Juga berusaha untuk selalu mengerjakan dan mengumpulkan tugas yang diberikan di tahap perkuliahan yang ke 8 ini dengan tepat waktu.
Kolom di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.
Dalam tahap perkuliahan yang ke 8 ini mungkin agak banyak kendala – kendala yang saya hadapi dalam pengerjaannya. Mungkin dalam hal mamahami isi dari tugas yang di berikan itu sendiri.
Akan tetapi setelah  berusaha mengerjakannya  dengan sungguh – sungguh Alhamdulillah tugas tersebut dapat terselesaikan  dengan baik dan tepat waktu.

Rangkuman Materi Perkuliahan
Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahan ini.
Dalam pembelajaran tahap perkuliahan yang ke 8 ini.Banyak hal-hal yang bisa saya pelajari.
Khususnya yang berhubungan dengan materi-materi di tahap yang ke 8 ini.
Yaitu saya belajar mengenai cara mendownload jdk (java develovment kit) juga cara bagaimana kita menginstalnya.

Pengertian Java Development Kit (JDK)
Java Development Kit (JDK) memuat program-program dan library yang Anda butuhkan untuk meng-compile dan me-launch program Java. Dua program utama yang ada di JDK adalah javac dan java.
Untuk meng-install JDK, Anda terlebih dahulu men-download installation file dari http://java.sun.com.ataupun dari situs resmi oracle yg lainnya.
 Anda perlu men-download JDK yang sesuai dengan platform di mana Anda bekerja. Tersedia JDK untuk Linux, Solaris dan Windows.
Installation file untuk Linux dari JDK versi 1.4 adalah j2sdk-1_4_1_02-linux-i586.bin. Yang perlu Anda lakukan hanyalah meng-execute file ini. File ini akan mengalami de-compression. Anda akan mendapatkan sebuah directory j2sdk1.4.1_02 yang memuat JDK Anda. Directory ini dikenal sebagai JAVA_HOME. Banyak aplikasi Java, seperti Tomcat dan JBoss membutuhkan variable JAVA_HOME sebagai environment variable.
Program java dan javac berada di sub-directory bin/ di bawah JAVA_HOME. Agar Anda bias meng-compile dan me-launch program Java dari directory mana saja, Anda bisa menambahkan JAVA_HOME/bin ke dalam environment variable bernama PATH.
Untuk mengetahui cara penggunaan dari javac, yaitu Java compiler, Anda bisa menjalankan
perintah javac -help melalui terminal. Untuk mengetahui cara penggunaan dari java, yaitu Java application launcher, Anda bisa menjalankan perintah java -help melalui terminal.




Video Dokumentasi
Pada kolom ini berisi cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi yang telah saya buat pada Tahap Perkuliahan ini.
Ini adalah screenshot dari  Video dok. cara mendownload  jdk (java develovement kit) & cara menginstalnya :










Kolom di bawah ini merupakan uraian yang menceritakan isi Video Dokumentasi yang telah saya buat.
Video dokumentasi yang saya buat kali ini yaitu mengenai bagaimana kita mendownload suatu aplikasi yaitu mendownload jdk dan juga cara bagaimana kita menginstalnya.
Java Development Kit (JDK) memuat program-program dan library yang Anda butuhkan untuk meng-compile dan me-launch program Java. Dua program utama yang ada di JDK adalah javac dan java.
Untuk meng-install JDK, Anda terlebih dahulu men-download installation file dari http://java.sun.com.atupun link resmi oracle yg lainnya.
 Anda perlu men-download JDK yang sesuai dengan platform di mana Anda bekerja. Tersedia JDK untuk Linux, Solaris dan Windows.
Java Development Kit (JDK) adalah Sun Microsystems produk ditujukan untuk pengembang Java. Sejak diperkenalkannya Java, telah jauh SDK Java yang paling banyak digunakan.Pada tanggal 17 November 2006, Sun mengumumkan bahwa akan dirilis di bawah GNU General Public License (GPL), sehingga membuat perangkat lunak bebas. Hal ini terjadi sebagian besar pada tanggal 8 Mei 2007 [3]; Sun kontribusi kode sumber untuk JDKOpen.
Adapun fungsi jdk (java develovment kit) itu sendiri yaitu untuk “ menulis sebuah program”.




Kolom di bawah ini berisi link yang menampilan Video Dokumentasi yang telah saya upload di Youtube.

Ini adalah Link Video dok. Cara mendownload jdk(java develovment kit) & cara menginstalnya :




No comments:

Post a Comment