Pages

Wednesday, April 17, 2013

tutorial download dan instal eclipse

Nama Lengkap
:
Ujang abdul aziz
No. Registrasi
:
1107851327
Alamat email
:
Ujang.abdulaziz@gmail.com
Opsi
:
Jaringan website
Tahap Perkuliahan ke-
:
9
USBJJ
:
STT YBS Internasional Tasikmalaya


Aktivitas Belajar Mandiri
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.
Selain belajar di kampus saya sering belajar bersama teman-teman ataupun di warnret ,karena dengan itu mudahan-mudahan saya sedikit demi sedikit bisa memahami dengan belajar bersama.
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini.
  • cara download eclipse, dan 
  • cara instal eclipsenya.
Kolom di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.
         1.     internet nya kurang memadai
         2.     cara mengajar nya kurang di mengerti
         3.     internet nya eror



Rangkuman Materi Perkuliahan
Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahan ini.
      

Tutorial Install Eclipse



Jika anda ingin mengembangkan aplikasi android, saya sarankan anda menggunakan aplikasi bernama eclipse. Untuk menginstall eclipse perlu beberapa langkah. Aplikasi Android ditulis dengan bahasa Java, menggunakan Java Core Libraries. Aplikasi Android dijalankan di atas VM bernama Dalvik Virtual Machine.

Pada tutorial ini, akan dijelaskan langkah-langkah membuat aplikasi Android mulai dari instalasi perangkat-perangkat lunak yang diperlukan sampai dapat menjalankan program Hello World pada Android device.

Proses instalasinya dibagi dalam beberapa tahap :
- Install Java
- Download dan Install Android SDK dan Emulator
- Install Eclipse
- Install the ADT Plugin untuk Eclipse
- Membuat Aplikasi "program pertama"

Install Java

Sebelum memulai langkah-langkah instalasi Eclipse dan Android SDK pastikan komputer Anda telah terinstal Java SE Development Kit (JDK) yang bisa diunduh di sini. Setelah itu install java pada komputer anda. (untuk saat ini versi terbaru 7, namun anda tetap dapat menggunakan versi 6 atau 7 tersebut).

Download dan Install Android SDK dan Emulator

Langkah-langkah instalasi Android SDK:
1.Download file Android SDK (ukuran kurang lebih 32 MB) di sini

2.Pada halaman tersebut akan ada dua pilihan installer. Jika Anda pilih yang .zip maka tidak perlu melakukan instalasi (cukup di-uncompress). Sedangkan jika Anda pilih yang recommended dalam bentuk .exe, maka nantinya Anda akan melakukan instalasi dengan mengeksekusi file .exe tersebut. Keduanya memiliki isi/file yang sama, tidak ada perbedaan.

3.Untuk tutorial ini akan lebih mudah jika Anda mendownload versi Android SDK yang berekstensi .zip. Dengan demikian Anda hanya tinggal meng-uncompress file .zip tersebut.

4.Hasil uncompress file .zip tersebut adalah sebuah folder dengan nama android-sdk-windows. Letakkan/pindahkan folder tersebut dimanapun agar mudah diakses. Misalnya di dalam folder eclipse yang sudah ada sebelumnya.


5.Pastikan Anda terhubung ke internet. Eksekusi file  SDK Manager.exe, kemudian klik button Update All untuk melakukan update library secara otomatis hingga selesai. Proses ini akan memakan waktu lama apabila Anda ingin memasang semua library untuk berbagai jenis tipe Android OS, karena jika semuanya terinstal kurang lebih akan memakan 2GB harddrive Anda. 


Catatan:

Sebenarnya ada cara lain agar Anda tidak perlu melakukan update via online, yaitu secara offline. Caranya yaitu dengan melakukan copy paste seluruh folder dan file android-sdk-windows milik orang lain yang sudah berhasil terinstall, atau dapat juga mencari di google bagaimana cara menginstall android SDK secara offline, pada artikel ini saya tidak sertakan tutorial secara offline karena saya menginginkan agar anda dapat membuat aplikasi tidak hanya pada ginger bread namun dapat digunakan di ice cream sandwich juga, atau anda dapat mencarinya langsung di sini

Install Eclipse

1.Buka situs eclipse download kemudian download file eclipse classic, jika anda ingin memilih versi terbaru maka anda tinggal klik windows 32bit atau windows 64bit, sesuaikan dengan OS Windows anda
Namun jika anda ingin memilih eclipse versi lama, anda dapat klik tulisan Eclipse Classic 3.*.*
2.File hasil download berbentuk .zip, kemudian uncompress file tersebut dengan tools-tools seperti WinRar.
Setelah diekstrak, maka akan dihasilkan folder eclipse, kemudian pindahkan folder tersebut di harddrive / lokasi yang mudah diakses
Catatan:
Eclipse tidak memerlukan instalasi. Dalam folder eclipse akan ditemukan file eclipse.exe. Untuk membuka program eclipse tersebut cukup dilakukan eksekusi file eclipse.exe tersebut. Klik file eclipse.exe maka aplikasi akan berjalan seperti gambar berikut ini;

Install the ADT Plugin untuk Eclipse

Selanjutnya yaitu melakukan install plugin ADT Eclipse. Pastikan komputer telah terkoneksi dengan internet. 
1.Klik menu Help -> Install New Software
2.Klik Add pada sudut kanan atas dialog
3.Pada dialog Add repository.
4.Masukkan name "ADT Plugin", lalu  masukkan URL 
https://dl-ssl.google.com/android/eclipse/
5.Setelah itu klik OK. (kemungkinan agak perlu sedikit waktu)
Catatan:
Jika anda mengalami masalah saat mengunduh plugin, coba ganti https dengan http. Jika muncul warning, klik bahwa kita mempercayai paket yang diunduh.
6.Pada dialog Available Software, pilih checkbox Developer Tools (otomatis android DDMS dan android development kit akan tercentang jika anda mencentang developer tools), kemudian klik Next dan Next. Tunggu hingga selesai dan klik button Finish.
7.Setelah selesai proses, restart Eclipse Anda.
Setelah merestart eclipse selanjutnya kita harus menkonfigure ADT agar di kenali oleh eclipse dengan mengarahkannya ke direktory android yang telah kita download di 
      



Video Dokumentasi
Pada kolom ini berisi cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi yang telah saya buat pada Tahap Perkuliahan ini.
Screenshots video dokumentasi tahap ke 9 adalah























Kolom di bawah ini merupakan uraian yang menceritakan isi Video Dokumentasi yang telah saya buat.
Isi video dokumentasi yang saya buat di antara nya..?
  • cara download clipse, dan 
  • instal eclipse tersebut.
Kolom di bawah ini berisi link yang menampilan Video Dokumentasi yang telah saya upload di Youtube.
 

No comments:

Post a Comment