Pages

Thursday, April 25, 2013

Riswana A B, Laporan tugas tahap perkuliahan ke-10


Laporan Aktivitas Belajar
Nama Lengkap
:
Riswana Adihara Budiansyah
No. Registrasi
:
1107851324
Alamat email
:
riswanaadiharab@gmail.com
Opsi
:
Sistem Jaringan dan Website
Tahap Perkuliahan ke-
:
10
USBJJ
:
STT YBS Internasional Tasikmalaya

Aktivitas Belajar Mandiri
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.
Seperti biasa Saya selalu mengikuti pembelajaran perkuliahan khususnya di mata perkuliahan TKJ sesuai dengan jadwal perkuliahannya.
Di tahap perkuliahan yang ke 10 ini saya belajar mengenai jaringan computer.
Di tahap perkuliahan yang ke 10 ini saya juga belajar mengenai cara download android SDK  berikut cara instalasinya.
Dan cara setting android SDK beserta plugin ADT nya.
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini.
Saya selalu berusaha untuk bisa mengerti dan memahami apa saja materi – materi yang telah di berikan.
 Juga berusaha untuk selalu mengerjakan dan mengumpulkan tugas yang diberikan di tahap perkuliahan yang ke 10 ini dengan tepat waktu.
Kolom di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.
Adapun kendala kendala yang saya hadapi di tahap perkuliahan yang ke-10 ini yaitu koneksi internetnya sedikit lelet, juga dalam hal proses penginstalan yang membutuhkan waktu yang lumayan agak lama, juga kadang – kadang sulit untuk support dalam hal penginstalan di PC nya.
Akan tetapi setelah  berusaha mengerjakannya  dengan sungguh – sungguh juga dengan penuh kesabaran , alhamdulillah tugas tersebut dapat terselesaikan  dengan baik dan tepat waktu.

Rangkuman Materi Perkuliahan
Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahan ini.
Android adalah aplikasi untuk telepon seluler (handphone) yang bersifatopen source atau bisa kita katakan gratisan karena basisnya dari Linux. Karena sifatnya open source, maka banyak orang (termasuk kita) dapat membuat dan mengubah  aplikasi tertentu dalam Android. Sekarang ini Android dikembangkan oleh OHA (Open Handset Alliance) yang terdiri dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi yang diantaranya adalah Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, Nvidia, dll.
Dan terdapat dua jenis distributor resmi Android di seluruh dunia. Yang pertama adalah GMS (Google Mail Service) dan yang kedua adalah OHD (Open Handset Distributor). Beda dari keduanya adalah hanya dari dukungan dari Google saja, kalau GMS itu mendapat dukungan secara langsung, sedangkan OHD tidak secara langsung.
Smart phone yang pertama kali menggunakan sistem operasi Android adalah Nexus Oneyang dibuat oleh HTC dan dipatenkan oleh Google pada tahun 2007. Tetapi Nexus Onebaru dilepas di pasaran sekitar bulan Januari 2010. 
Android SDK adalah sebuah software yang diciptakan untuk pengembangan aplikasi di Os Android. Seperti namanya software ini berguna untuk mensimulasikan OS Android pada PC. Selain untuk fungsi pengembangan emulator ini juga dapat digunakan untuk mencoba aplikasi-aplikasi yang disediakan oleh para developer Os tersebut. Walau emulator ini memiliki keterbatasan dalam penggunaan marketnya dan keterbatasan dalam requiretments saat instal apps tertentu, namun cukuplah untuk mengobati keingintahuan kita terhadap OS Android.
Kita membutuhkan SDK Android. Adapun SDK Android yang kita gunakan adalah SDK r10 untuk windows.




Video Dokumentasi
Pada kolom ini berisi cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi yang telah saya buat pada Tahap Perkuliahan ini.
Ini adalah screenshot dari  Video dok.cara download android SDK beserta instalasinya  :











Kolom di bawah ini merupakan uraian yang menceritakan isi Video Dokumentasi yang telah saya buat.
CARA DOWNLOAD ANDROID SDK BESERTA INSTALASINYA
1.      Untuk mendownload android SDK kita bisa cari di google, kita buka dulu google lalu ketikan android SDK, ataupun kita juga bisa  masuk ke link resminya.
2.      Setelah itu nanti akan muncul dengan tampilan seperti ini



3.    Setelah itu kita langsung saja lalu klik download the sdk, setelah di klik nanti akan muncul lagi tampilan seperti ini





4.     Kemudian kita centang kotak kecil tersebut, lalu pilih type windows sesuai dengan type windows yg kita pakai.
5.     Setelah itu kita langsung sja download.
6.     Lalu setelah proses pendownloadan sdk nya selesai, sebelum menginstal dan mensetting sdk nya, terlebih dahulu kita extrackt dulu file nya.


7.     Setelah di extract, langsung saja kita buka IDE eclipse JEE nya yg sudah terinstalasi dengan baik, setelah terbuka eclipsenya lalu kita plih menu help, lalu pilih install new softwere dan nanti di kanan atas ada tulisan Add, lalu kita klik setelah itu akan ada bacaan archive lalu kita klik lagi,kemudian kita pilih dan buka file SDK yg sudah kita download tadi, lalau pilih ADT kita open.


8.     Setelah di open nanti otomatis aka nada kotak yg terisi dengan nama suatu web, lalu kita centang 2 kotak dibawahnya, kemudian next dan tunggu sampai proses penginstalannya selesai.


9.     Lalu setelah itu kita tunggu sampai proses penginstalan nya selesai, setelah selesai proses penginstalan ADT pluginnya selesai kita buka lagi file android yg sudah di extract lalu kita pilih SDK manager lalu klik, dan kita install, tunggu sampai proses nya selesai.
10.  Setelah SDK managernya selesai di install, kemudian tinggal menginstal atau menampilkan emulator androidnya, caranya kita buka lagi file sdk yg sudah di extract, kemudian pilih AVD dan klik.
11.  Setelah terbuka tampilan nya, kita plih new, lalu kasih nama misalnya isAVD, lalu pilih type androidnya disini sya menggunakan android 2.2, api lev8. Setelah itu lalu kita klik nama avd yg sudah kita buat lagi kemudian kita start untuk memeunculkan tampilan AVD nya. Dan setelah semuanya terinstalasi dengan baik itu artinya kita bisa langsung menggunakan aplikasi ini.



Ini adalah Link Video dok.cara download dan instalasi android SDK   http://youtu.be/yTKdMpGyJXg




No comments:

Post a Comment