Pages

Wednesday, May 1, 2013

laporan siti maryam tahap ke-11


     Laporan Aktivitas Belajar
Nama Lengkap
:
Siti Maryam
No. Registrasi
:
1107851325
Alamat email
:
Opsi
:
Sistem Aplikasi Android
Tahap Perkuliahan ke-
:
11
USBJJ
:
STT YBS Internasional Tasikmalaya

Aktivitas Belajar Mandiri
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.
Untuk aktivitas minggu ini saya di sibukan dengan tugas membuat video dokumentasi yaitu membuat video cara membuat aplikasi android dan hellow world
  1.  pertama tau ada tugas untuk minggu ini biasa saya buka elearning untuk melihat tugas perkuliahan tahap selanjutnya.
  2. Melihat video tutorial pada elearning lalu mendiskusikan pelajaran yang berkaitan dengan tugas tersebut
  3. Mencoba mempelajari mata kuliah yang ada pada tugas di elearning
  4. Dan mengerjakan tugas video tersebut dengan semampuhnya

Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini.
Untuk  minggu ini saya belajar tentang
Sistem aplikasi android
  1. Cara membuat aplikasi android sederhana
  2. Cara menampilkan hellow world pada android melalui aplikasi eclips
Kolom di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.
Selama tahap perkuliahan ini saya rasa tidak terlalu banyak kendala-kendala yang saya hadapi, Cuma hanya ada kendala sedikit yaitu computer yang saya pakai suka eror dan jaringan internet lumayan cukup lambat.


Rangkuman Materi Perkuliahan
Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahan ini.
Rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari pada minggu ini adalah cara membuat aplikasi android dan hellow world, nah ini dia rangkuman yang telah saya pelajari pada minggu ini:
CARA MEMBUAT APLIKASI ANDROID DAN HELLOW WORLD

Untuk membuat aplikasi android sederhana langkah pertamanya kita buka dulu aplikasi yang telah saya persiapkan yaitu dengan memilih ANDROID SDK setelah itu saya akan memilih AVD MANAGER 
 Selanjutnya kita bisa memulai membuat aplikasi dengan membuat AVD baru dulu bisa memilih NEW lalu isikan myAVDnya lalu kita bisa memilih android yang kita inginkan lalu pilih CREATE AVD,  seperti gambar berikut: 


Oke setelah itu saya akan memulai membuat aplikasi android dengan mengklik AVD  yang telah saya buat tadi, tetapi saya akan memilih android 1.6 lalu pilih star untuk memulai.lihat aja gambar berikut: 


Lalu pilih LAUNCH

Lalu kita tunggu sampai android muncul, setelah lumayan lama menunggu maka android itu akan muncul seperti tampilan berikut
Nah ini gambar android yg blum terkoneksi


Untuk gambar android yang sudah terkoneksi seperti gambar di atast

 kalau sudah ada tampilan android seperti ini berarti membuat aplikasi android tersebut sudah berhasil dan selanjutnya saya akan mencoba menampilkan hellow world pada android yang telah saya buat tadi langkah pertamanya untuk membuat projek

A. Buat Projek

1. Buka Eclipse, pilih file -> new -> Android Project. kemidian isilah propertinya sebagai beikut :



Project Name        : HelloAndroid1
Build Target           : Android 2.3
Application Name  : hello
Package                : com.wilis.hello
Activity                  : hello
Min SDk               : 9
Sebenarnya jika anda sudah menyelesaikan langkah di atas maka sudah selesai program HelloAndroid1 anda. 
Setelah itu lalu akan muncul tampilan seperti ini:

B. Jalankan App

2. pilih Run As -> Android Aplication
Maka akan muncul emulator anda, seperti pada pembahasan sebelumnya ketika anda me-running emulator android akan membutuhkan waktu yang lama, akan tetapi jika sudah berjalan di sarankan untuk tidak menutupnya. apabila berhasil maka tampilan emulator anda akan seperti ini :


Kalau sidah ada muncul tampilan seperti di atas maka hellow sudah berhasil kita buat.  Dan mungkin rangkuman untuk minggu ini sampai di situ saja mudah-mudahan bermanfaat.



Video Dokumentasi
Pada kolom ini berisi cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi yang telah saya buat pada Tahap Perkuliahan ini.
Adapun Screenshots video tugas tahap 11 adalah sbb:







Kolom di bawah ini merupakan uraian yang menceritakan isi Video Dokumentasi yang telah saya buat.
Adapun uraian yang menceritakan isi video yang telah saya buat minggu ini adalah cara membuat aplikasi android dan menampilkan hellow world pada android tersebut.
Kolom di bawah ini berisi link yang menampilan Video Dokumentasi yang telah saya upload di Youtube.
https://www.youtube.com/watch?v=nfrA2qK6BDA(link video menampilkan hellow world)
http://youtu.be/Aqc1UgCNtfA(Link aplikasi sederhana)

No comments:

Post a Comment