Pages

Monday, May 27, 2013

laporan tahap ke-14 siti maryam


     Laporan Aktivitas Belajar
Nama Lengkap
:
Siti Maryam
No. Registrasi
:
1107851325
Alamat email
:
Opsi
:
Program Aplikasi Android
Tahap Perkuliahan ke-
:
14
USBJJ
:
STT YBS Internasional Tasikmalaya

Aktivitas Belajar Mandiri
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.
Seperti biasanya aktivitasminggu ini saya membuka elearning terlebih dahulu untuk melihat dan mempelajari tugas dan tutorial yang berkaitan dengan tugas minggu ini, lalu saya mengerjakan tugas tersebut.
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini.
Pada mingu ini saya belajar membuat aplikasi sederhana dan membuat hello world lalu mencoba menjalankan emulator pada windows phone.
Kolom di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.
Saat ini ada sedikit kendala-kendala yang saya hadapi pada tahap perkuliahan ini yaitu computer yang sedang di pakai kadang eror dan internetnya cukup lambat.


Rangkuman Materi Perkuliahan
Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahan ini.
Untuk rangkuman materiperkuliahan yang telah saya pelajari pada minggu ini adalah belajar cara membuat hello world yang telah di modifikasi dan menjalankan emulator pada windows phone, nah sobat ini dia rangkumannya sebagai berikut:
CARA MEMBUAT HELLO WORLD DAN MENJALAN EMULATOR PADA WINDOWS PHONE
1.Pertama Anda harus Mendownload Visual Studio Itu Sendiri dan Mengetahui Tool – toolnya.
2.Setelah selesai langkah di atas, mulai buka Visual Studionya dan membuat project baru  dengan klik File>New Project. 
3.Lalu buat name projeck sesuai dengan yang kita inginkan contohnya seperti “hello world”
4.maka akan muncul tampilan versi OS Windows phone, dan pilih 7,1
5. maka akan muncul tampilan screenshoot aplikasi kita, dan langkah berikutnya adalah merubah nama aplikasinya
6. lalu rubah pada script yang ada di panah dari “page name” menjadi “hello world”
7. Oke, selanjutnya penggunaan fungsi toolbox yang akan menampilkan pesan “Hello World”. Drag Fungsi toolbox .
8. TextBlock & Button, Drag tool pertama ke Emulator Windows Phone dan Button yang kedua.

9.Oke sekarang kita mulai ngoprek scriptnya,,, hapus script teks blocknya.
10.  Lalu kita mulai dengan fungsi tombol/button yang ketika di klik akan menampilkan pesan Hello World pada TeksBlock diatas.
11. Ketika Di klik, maka akan otomatis membuka Mainpage Dari fungsi button itu sendiri 
 12. Lalu copy script di bawah ini ke mainpage tersebut..
using System;
using System.Collections.Generic;
using System.Linq;
using System.Net;
using System.Windows;
using System.Windows.Controls;
using System.Windows.Documents;
using System.Windows.Input;
using System.Windows.Media;
using System.Windows.Media.Animation;
using System.Windows.Shapes;
using Microsoft.Phone.Controls;

namespace HelloWorld
{
    public partial class MainPage : PhoneApplicationPage
    {
        // Constructor
        public MainPage()
        {
            InitializeComponent();
        }

        private void button1_Click(object sender, RoutedEventArgs e)
        {
            textBlock1.Text = "Hello Wolrd";
        }
    }
}
13. Lalu ubah nama button tadi menjadi “Click Me” Dengan Cara merubah nama Nama Aplikasi tadi, lalu compile laha plikasi kita
14. untuk menampilkan hello world pada emulator windows phone kita bias menekan F5 atau mengklik RUN AS, Lalu tunggu sampai proses berhasil seperti tampilan berikut








Video Dokumentasi
Pada kolom ini berisi cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi yang telah saya buat pada Tahap Perkuliahan ini.
Adapun Screenshots video tugas tahap ke-14 adalah sbb:



Kolom di bawah ini merupakan uraian yang menceritakan isi Video Dokumentasi yang telah saya buat.
Video dokumentasi yang telah saya buat pada minggu ini adalah tutorial cara membuat hello world  yang  telah  di modipikasi dan menjalankan emulator  pada windows  phone

Kolom di bawah ini berisi link yang menampilan Video Dokumentasi yang telah saya upload di Youtube.
Adapun link youtube yang telah saya buat pada minggu ini adalah sbb:

No comments:

Post a Comment