Pages

Wednesday, May 1, 2013

Riswana A B, membuat aplikasi sederhana(android aplication)


Laporan Aktivitas Belajar
Nama Lengkap
:
Riswana Adihara Budiansyah
No. Registrasi
:
1107851324
Alamat email
:
riswanaadiharab@gmail.com
Opsi
:
Sistem Jaringan dan Website
Tahap Perkuliahan ke-
:
11
USBJJ
:
STT YBS Internasional Tasikmalaya

Aktivitas Belajar Mandiri
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.
Seperti biasa Saya selalu mengikuti pembelajaran perkuliahan khususnya di mata perkuliahan TKJ sesuai dengan jadwal perkuliahannya.
Di tahap perkuliahan yang ke 11 ini saya belajar mengenai jaringan computer.
Di tahap perkuliahan yang ke 11 ini saya juga belajar mengenai cara membuat aplikasi sederhana di program java android aplication.
Juga menguji coba di tampilan emulator androidnya.
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini.
Saya selalu berusaha untuk bisa mengerti dan memahami apa saja materi – materi yang telah di berikan.
 Juga berusaha untuk selalu mengerjakan dan mengumpulkan tugas yang diberikan di tahap perkuliahan yang ke 11 ini dengan baik dan tepat waktu.
Kolom di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.
Adapun kendala kendala yang saya hadapi di tahap perkuliahan yang ke-11 ini yaitu koneksi internetnya sedikit lelet, juga dalam hal memahami isi tugas yang diberikan sedikit kurang memahami.
Akan tetapi setelah  berusaha mengerjakannya  dengan sungguh – sungguh juga dengan penuh kesabaran , alhamdulillah tugas tersebut dapat terselesaikan  dengan baik dan tepat waktu.


Rangkuman Materi Perkuliahan
Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahan ini.
Android adalah aplikasi untuk telepon seluler (handphone) yang bersifatopen source atau bisa kita katakan gratisan karena basisnya dari Linux. Karena sifatnya open source, maka banyak orang (termasuk kita) dapat membuat dan mengubah  aplikasi tertentu dalam Android. Sekarang ini Android dikembangkan oleh OHA (Open Handset Alliance) yang terdiri dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi yang diantaranya adalah Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, Nvidia, dll.
Dan terdapat dua jenis distributor resmi Android di seluruh dunia. Yang pertama adalah GMS (Google Mail Service) dan yang kedua adalah OHD (Open Handset Distributor). Beda dari keduanya adalah hanya dari dukungan dari Google saja, kalau GMS itu mendapat dukungan secara langsung, sedangkan OHD tidak secara langsung.
Smart phone yang pertama kali menggunakan sistem operasi Android adalah Nexus Oneyang dibuat oleh HTC dan dipatenkan oleh Google pada tahun 2007. Tetapi Nexus Onebaru dilepas di pasaran sekitar bulan Januari 2010. 





Video Dokumentasi
Pada kolom ini berisi cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi yang telah saya buat pada Tahap Perkuliahan ini.
Ini adalah screenshot dari  Video dok. membuat aplikasi sederhana(android aplication)  :










Kolom di bawah ini merupakan uraian yang menceritakan isi Video Dokumentasi yang telah saya buat.
MEMBUAT APLIKASI SEDERHANA (HELLO WORLD)

     1.      Buka Eclipse yang telah terinstalasi dengan baik pada laptop/pc anda.
     2.      Pilih meny File → New → Project → Android . Pilih Android Application Project
     lalu tekan Next.
     3.      Jendela pembuatan aplikasi baru akan muncul seperti di bawah ini ,


     4.      Isi field Application Name dan Project Name sesuai dengan yang kita inginkan.Dan nant Field   package Namenya akan terisi dengan sendirinya.
     5.      Pilih Build SDK dan Minimum Required SDK aplikasi Anda. Kedua hal tersebut menentukan batasan – batasan yang dapat dilakukan oleh Aplikasi anda. Sebagai contoh pada aplikasi ini saya menggunakan Build SDK : “Android 4.1” dan Minimum Required SDK : “API 8 Android 2.2”.
     6.      Untuk pembuatan aplikasi “HelloWorld” ini anda dapat menggunakan Build SDK dan Minimum Required SDK secara bebas karena aplikasi “HelloWorld” tidak membutuhkan spesifkasi secara khusus. Lalu tekan Next.
     7.      Jendela Configure Launcher Icon akan muncul. Pada jendela ini anda akan
      melakukan pengaturan Ikon aplikasi anda. Tentukan ikon anda lalu tekan Next.
   

     8.      Kemudian nanti akan muncul create activity, lalu pilih blank activity kemudian next.Dan nanti akan muncul lagi  jendela blank activity kita tinggal langsung saja tekan finish.
     9.      Halaman kerja anda akan muncul seperti di bawah ini , halaman kerja anda yang akan muncul pertama kali adalah file activity .xml . Pada activity.xml nya anda akan diberikan suatu layar/halaman device yang menggambarkan aplikasi anda.
     10.   Kemudian kita klik pada bagian hello world pada halaman kerja anda. Lalu hapus dengan menekan delete. Nah setelah itu kita bisa mengisikan lagi tulisan sesuai yang kita inginkan, dan nanti akan di tampilkan di emulator androidnya.
      

     11.  Nah kalau sudah, kita tinggal mengetesnya di tampilan emulator androidnya dengan cara klik ctrl+F11. Tetapi sebelumnya emulator androidnya harus kita tampilkan dulu dengan cara klik Android virtual devices kemudian start. Dan nanti tampilan akhirnya akan seperti ini
      

 
Kolom di bawah ini berisi link video dokumentasi yang telah saya upload di youtube

Ini adalah Link Video dok.membuat aplikasi sederhana (hello world)  : http://youtu.be/z7uNcGItjm8


Ini adalah Link video dok. Membuat aplikasi sederhana ( aplikasi radio button) : http://youtu.be/_GGQdGNLDJg 

    




No comments:

Post a Comment