Laporan Aktivitas
Belajar
Nama Lengkap
|
:
|
Eriga Syifaudin
Al-Mansur
|
No. Registrasi
|
:
|
1107851313
|
Alamat email
|
:
|
|
Opsi
|
:
|
Sistem Jaringan dan
Website
|
Tahap Perkuliahan
ke-
|
:
|
11
|
USBJJ
|
:
|
STT YBS
Internasional Tasikmalaya
|
Aktivitas
Belajar Mandiri
|
Kolom
di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap
Perkuliahan ini.
|
-
Membuka
elearning untuk melihat tugas berikutnya dan mempelajari materi yang di
berikan di elearning
-
Mencoba
apa yang sudah di berikan di elearning
-
Mencoba
mengerjakan tugas
|
Kolom di bawah ini berisi uraian
singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini.
|
Selama
tahap perkuliahan ini saya mencoba untuk mencari referensi lain serta
mengerjakan tugas sampai selesai,selanjutnya membuat laporan tugasnya dan
mengupload videonya ke youtube
|
Kolom
di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan
ini.
|
-
Tidak
memiliki computer/laptop secara pribadi sehingga harus mengerjakan di warnet
ataupun di kampus dan di computer/laptop temen
-
Koneksi
Internet yang menurut saya kurang sehingga saya kesulitan dalam mengupload
video ke youtube
-
Ada
beberapa computer yang sulit bahkan gagal pada saat mengerjakan tugas disini
saya mengunakan computer kampus
|
Rangkuman
Materi Perkuliahan
|
Kolom
di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan
pahami selama Tahap Perkuliahan ini.
|
Dalam
tahap perkuliahan kali ini saya membuat program sederhana menampilkan hello
world tapi di tugas kali ini saya mengganti tampilan hello world dengan hello
eriga , ini dia materinya :
Untuk membuat aplikasi Android, PC
kita harus sudah terinstal aplikasi pendukung yang telah di-konfigurasi.
Langkah awal adalah membuat
project.
Pilih
menu File => New => project, pilih Android
Application Project. Atau cara cepatnya dengan mengklik icon Android
Application Project pada Toolbar
Klik tombol Next.
Isi Nama Aplikasi, Nama Project, Misalnya
disini saya menggunakan Nama Project eriga,
Klik tombol Next.
Selanjutnya adalah pengaturan icon
aplikasi. Anda bisa memilih icon yang telah disediakan (klik tombol clipart)
atau bisa juga menggunakan icon lain yang ada pada directory (klik tombol image).
Klik tombol Next.
Selanjutnya adalah mengisi nama
Activity, yang merupakan nama class. Misalnya saya menggunakan nama yang
secara default nyaitu MainActivity
Klik tombol Finish.
Kini Project Android telah
ditambahkan ke workspace Eclipse.
Selanjutnya adalah coding.
Karna disini kita hanya membuat
program sederhana tampilan hello world yang kita ganti menjadi hello eriga
jadi kita tidak perlu mengetikan coding lagi karna secara default coding
untuk menampilkan hello world yang kita ganti menjadi eriga sudah tersedia
kita hanya mengganti tulisan hello world menjadi hello eriga.
Sebelum menjalankan aplikasi, kita
cek dulu apakah project yang dibuat sudah diset ke emulator yang sesuai,
dengan cara Kilk kanan nama project => Run As =>
Run Configurations. Pilih tab Target.
Sekarang tinggal run. Bisa dengan
cara Kilk kanan nama project => Run Application.
untuk coding di bawah ini adalah untuk menampilkan
tulisan yang kita inputkan pada
textbox.
coding xmlnya
<LinearLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android" xmlns:tools="http://schemas.android.com/tools" android:layout_width="match_parent" android:layout_height="match_parent" android:orientation="vertical"> <EditText android:id="@+id/txt_input" android:layout_width="match_parent" android:layout_height="wrap_content" android:ems="10"> <requestFocus /> </EditText> <LinearLayout android:layout_width="match_parent" android:layout_height="wrap_content" android:orientation="horizontal"> <Button android:id="@+id/btn_tampil" android:layout_width="match_parent" android:layout_height="wrap_content" android:layout_weight="1" android:text="Tampil" /> <Button android:id="@+id/btn_hapus" android:layout_width="match_parent" android:layout_height="wrap_content" android:layout_weight="1" android:text="Hapus" /> </LinearLayout> <TextView android:id="@+id/txt_output" android:layout_width="match_parent" android:layout_height="wrap_content" android:layout_marginTop="30dp" android:gravity="center_horizontal" android:text="" android:textAppearance="?android:attr/textAppearanceLarge" /> </LinearLayout>
coding Java
package com.example.pertama;
import android.os.Bundle; import android.app.Activity; import android.view.View; import android.widget.Button; import android.widget.EditText; import android.widget.TextView;
public class DemoActivity extends Activity implements View.OnClickListener{ private Button btn_tampil, btn_hapus; private EditText txt_input; private TextView txt_output; @Override public void onCreate(Bundle savedInstanceState) { super.onCreate(savedInstanceState); setContentView(R.layout.activity_main); txt_input = (EditText) findViewById(R.id.txt_input); txt_output = (TextView) findViewById(R.id.txt_output); btn_tampil = (Button) findViewById(R.id.btn_tampil); btn_tampil.setOnClickListener(this); btn_hapus = (Button) findViewById(R.id.btn_hapus); btn_hapus.setOnClickListener(this); }
public void onClick(View v) { switch(v.getId()){ case R.id.btn_tampil: txt_output.setText(txt_input.getText()); break; case R.id.btn_hapus: txt_output.setText(""); break; default: break; } } }
|
Video Dokumentasi
|
Pada
kolom ini berisi cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi
yang telah saya buat pada Tahap Perkuliahan ini.
|
|
Kolom
di bawah ini merupakan uraian yang menceritakan isi Video Dokumentasi yang
telah saya buat.
|
Isi dari video ini nyaitu cara
membuat pertama yang sederhana nyaitu program menampilkan hello world di
video ini hello world diganti dengan hello eriga.
|
Kolom
di bawah ini berisi link yang menampilan
Video Dokumentasi yang telah saya upload di Youtube.
|
membuat Pindah Activity Show Image Play Audio Android
ReplyDelete