Pages

Thursday, May 2, 2013

Tugas tahap perkuliahan ke 11 eriga syifaudin al-mansur



Laporan Aktivitas Belajar
Nama Lengkap
:
Eriga Syifaudin Al-Mansur
No. Registrasi
:
1107851313
Alamat email
:
Opsi
:
Sistem Jaringan dan Website
Tahap Perkuliahan ke-
:
11
USBJJ
:
STT YBS Internasional Tasikmalaya

Aktivitas Belajar Mandiri
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.
-          Membuka elearning untuk melihat tugas berikutnya dan mempelajari materi yang di berikan di elearning
-          Mencoba apa yang sudah di berikan di elearning
-          Mencoba mengerjakan tugas
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini.
Selama tahap perkuliahan ini saya mencoba untuk mencari referensi lain serta mengerjakan tugas sampai selesai,selanjutnya membuat laporan tugasnya dan mengupload videonya ke youtube
Kolom di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.
-       Tidak memiliki computer/laptop secara pribadi sehingga harus mengerjakan di warnet ataupun di kampus dan di computer/laptop temen
-       Koneksi Internet yang menurut saya kurang sehingga saya kesulitan dalam mengupload video ke youtube
-       Ada beberapa computer yang sulit bahkan gagal pada saat mengerjakan tugas disini saya mengunakan computer kampus


Rangkuman Materi Perkuliahan
Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahan ini.
Dalam tahap perkuliahan kali ini saya membuat program sederhana menampilkan hello world tapi di tugas kali ini saya mengganti tampilan hello world dengan hello eriga , ini dia materinya :
Untuk membuat aplikasi Android, PC kita harus sudah terinstal aplikasi pendukung yang telah di-konfigurasi.
Langkah awal adalah membuat project.
Pilih menu File => New => project, pilih Android Application Project. Atau cara cepatnya dengan mengklik icon Android Application Project pada Toolbar

Klik tombol Next.
Isi Nama Aplikasi, Nama Project, Misalnya disini saya menggunakan Nama Project eriga,

Klik tombol Next.
Selanjutnya adalah pengaturan icon aplikasi. Anda bisa memilih icon yang telah disediakan (klik tombol clipart) atau bisa juga menggunakan icon lain yang ada pada directory (klik tombol image).

Klik tombol Next.
Selanjutnya adalah mengisi nama Activity, yang merupakan nama class. Misalnya saya menggunakan nama yang secara default nyaitu MainActivity

Klik tombol Finish.

Kini Project Android telah ditambahkan ke workspace Eclipse.

Selanjutnya adalah coding.
Karna disini kita hanya membuat program sederhana tampilan hello world yang kita ganti menjadi hello eriga jadi kita tidak perlu mengetikan coding lagi karna secara default coding untuk menampilkan hello world yang kita ganti menjadi eriga sudah tersedia kita hanya mengganti tulisan hello world menjadi hello eriga.
Sebelum menjalankan aplikasi, kita cek dulu apakah project yang dibuat sudah diset ke emulator yang sesuai, dengan cara Kilk kanan nama project => Run  As => Run Configurations. Pilih tab Target.

Sekarang tinggal run. Bisa dengan cara Kilk kanan nama project => Run Application.
untuk coding di bawah ini adalah untuk menampilkan
tulisan yang kita inputkan pada textbox. 
coding xmlnya 
 <LinearLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"
    xmlns:tools="http://schemas.android.com/tools"
    android:layout_width="match_parent"
    android:layout_height="match_parent"
    android:orientation="vertical">
    <EditText
        android:id="@+id/txt_input"
        android:layout_width="match_parent"
        android:layout_height="wrap_content"
        android:ems="10">
        <requestFocus />
    </EditText>
    <LinearLayout
        android:layout_width="match_parent"
        android:layout_height="wrap_content"
        android:orientation="horizontal">
        <Button
            android:id="@+id/btn_tampil"
            android:layout_width="match_parent"
            android:layout_height="wrap_content"
            android:layout_weight="1"
            android:text="Tampil" />
        <Button
            android:id="@+id/btn_hapus"
            android:layout_width="match_parent"
            android:layout_height="wrap_content"
            android:layout_weight="1"
            android:text="Hapus" />
    </LinearLayout>
    <TextView
        android:id="@+id/txt_output"
        android:layout_width="match_parent"
        android:layout_height="wrap_content"
        android:layout_marginTop="30dp"
        android:gravity="center_horizontal"
        android:text=""
        android:textAppearance="?android:attr/textAppearanceLarge" />
</LinearLayout>

coding Java
package com.example.pertama;

import android.os.Bundle;
import android.app.Activity;
import android.view.View;
import android.widget.Button;
import android.widget.EditText;
import android.widget.TextView;

public class DemoActivity extends Activity implements View.OnClickListener{
    private Button btn_tampil, btn_hapus;
    private EditText txt_input;
    private TextView txt_output;
   
    @Override
    public void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
        super.onCreate(savedInstanceState);
        setContentView(R.layout.activity_main);
       
        txt_input = (EditText) findViewById(R.id.txt_input);
        txt_output = (TextView) findViewById(R.id.txt_output);
       
        btn_tampil = (Button) findViewById(R.id.btn_tampil);
        btn_tampil.setOnClickListener(this);
       
        btn_hapus = (Button) findViewById(R.id.btn_hapus);
        btn_hapus.setOnClickListener(this);
    }

    public void onClick(View v) {
        switch(v.getId()){
            case R.id.btn_tampil:
                txt_output.setText(txt_input.getText());
            break;
           
            case R.id.btn_hapus:
                txt_output.setText("");
            break;
           
            default:
            break;
        }
    }
}
 






Video Dokumentasi
Pada kolom ini berisi cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi yang telah saya buat pada Tahap Perkuliahan ini.












Kolom di bawah ini merupakan uraian yang menceritakan isi Video Dokumentasi yang telah saya buat.
Isi dari video ini nyaitu cara membuat pertama yang sederhana nyaitu program menampilkan hello world di video ini hello world diganti dengan hello eriga.
Kolom di bawah ini berisi link yang menampilan Video Dokumentasi yang telah saya upload di Youtube.
Ini adalah link video pada tahap tugas kali ini :
menampilkan hello world : http://www.youtube.com/watch?v=D0KN3F1Uvlk
Button  & Textbox : http://www.youtube.com/watch?v=gLb9zp2PHxg


1 comment: