Pages

Tuesday, May 28, 2013

Riswana A B, Tutorial windows phone (part 2)


Laporan Aktivitas Belajar
Nama Lengkap
:
Riswana Adihara Budiansyah
No. Registrasi
:
1107851324
Alamat email
:
riswanaadiharab@gmail.com
Opsi
:
Sistem Jaringan dan Website
Tahap Perkuliahan ke-
:
14
USBJJ
:
STT YBS Internasional Tasikmalaya

Aktivitas Belajar Mandiri
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas belajar rutin saya selama Tahap Perkuliahan ini.
Seperti biasa Saya selalu mengikuti pembelajaran perkuliahan khususnya di mata perkuliahan TKJ sesuai dengan jadwal perkuliahannya.
Di tahap perkuliahan yang ke 14 ini saya belajar mengenai cara membuat file project hello world dan memodiviksainya dengan mencantumkan nama dan Nim di file text nya, beserta uji cobanya pada emulator windows phone.
Kolom di bawah ini berisi uraian singkat aktivitas saya di USBJJ selama Tahap Perkuliahan ini.
Saya selalu berusaha untuk bisa mengerti dan memahami apa saja materi – materi yang telah di berikan.
 Juga berusaha untuk selalu mengerjakan dan mengumpulkan tugas yang diberikan di tahap perkuliahan yang ke 14 ini dengan baik dan tepat waktu.
Kolom di bawah ini berisi kendala-kendala yang saya hadapi selama Tahap Perkuliahan ini.
Dalam tahap perkuliahan yang ke 14 ini mungkin ada sedikit kendala mungkin mengenai ada sebagian komputer yang masih sedikit lelet yang sedikit menggangu dalam hal pengerjaan tugas perkuliahan.
Akan tetapi setelah  berusaha mengerjakannya  dengan sungguh – sungguh Alhamdulillah tugas tersebut dapat terselesaikan  dengan baik dan tepat waktu.

Rangkuman Materi Perkuliahan
Kolom di bawah ini berisi rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari dan pahami selama Tahap Perkuliahan ini.
Adapun Rangkuman di tahap perkuliahan yang ke 14 ini yaitu belajar mengenai pembuatan aplikasi sederhana, dengan membuat file project hello world yang di modivikasi dengan mencantumkan nama dan Nim di file text nya dan juga menguji cobanya di emulator windows phone nya.
Windows Phone adalah Sistem Operasi perangkat mobile yang dikembangkan oleh pihak Microsoft dan menjadi sistem operasi pertama untuk Platform Windows Mobile pada saat itu. Fitur layanan interface yang ditawarkan oleh Windows Phone ini dikembangkan dari desain sistem Microsoft Windows Phone dengan nama kode "Metro".
Sistem operasi ini telah di tanamkan pada smart phone ( ponsel pintar). Aplikasi yang di miliki oleh windows phone hampir sama dengan OS pada umumnya yang bisa mengoprasikan hampir semua aplikasi yang dimiliki windows misalnya seperti MS Office, games plus nada dering pribadi dan lain sebagainya.


Video Dokumentasi
Pada kolom ini berisi cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi yang telah saya buat pada Tahap Perkuliahan ini.
Ini adalah screenshot dari  Video dok. cara membuat file project hello world yang di modivikasi dengan mencantumkan nama dan Nim di file text nya beserta uji cobanya di emulator windows phone :  












Kolom di bawah ini merupakan uraian yang menceritakan isi Video Dokumentasi yang telah saya buat.


Tutorial Windows Phone : Membuat Aplikasi “Hello World” di Windows Phone 7.1.1  dan Sedikit memodivikasinya 

Aplikasi “Hello world” sudah seperti menjadi suatu kewajiban ketika kita mempelajari lingkungan bahasa pemrograman baru. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini aku juga memulai belajar Windows Phone development dengan membuat aplikasi “Hello World”. Berikut ini adalah langkah-langkah membuat aplikasi “Hello World” di windows Phone SDK 7.1.1 :
Buat project baru dengan cara klik  File -> New Project,  maka akan ditampikan window New Project seperti berikut :
Pilih Visual C# -> Silver Light For Windows Phone, kemudian beri nama aplikasi misalnya“HelloApp”. Klik tombol OK maka Anda akan disajikan dengan window seperti berikut ini :
Selanjutnya, tambahkan TextBook dan Button pada ruang kosong hitam di atas dari ToolBox yang ada pada samping kiri, lalu kita buat 2 buah button, 2 buah textbox, juga kasih label di textboxnya, kemudian buat lagi 2 buah textblox yang nanti akan menampilkannya.sehingga tampilannya menjadi seperti berikut:

Okey… saatnya kita mulai koding di Windows Phone 7 ini. cieee..
Double Click Button, maka Anda akan disajikan dengan halaman  tempat kita menulis kode program, dan kita tinggal double klik di button 1 dan dua lalu isikan sintak programnya seperti berikut:


Okey.. sekarang kita jalankan aplikasinya dengan memilih menu Debug -> Start Debugging atau tekan F5. Jika tidak ada masalah dan berjalan normal maka hasilnya akan seperti berikut :










Kolom di bawah ini berisi link yang menampilan Video Dokumentasi yang telah saya upload di Youtube.

Ini adalah Link Video dok. Cara membuat file project hello world yang sedikit di modivikasi beserta uji cobanya di emulator Windows phone :  http://youtu.be/s5vogdlb7Cc




No comments:

Post a Comment